Astronot China Kembali dengan Selamat ke Bumi

Tiga astronot China berhasil mendarat dengan selamat di Bumi
Sumber :
  • REUTERS/CCTV

VIVAnews - Kapsul dari pesawat luar angkasa Shenzhou X yang mengangkut tiga astronot China berhasil mendarat dengan selamat pagi ini, Rabu 26 Juni 2013. Pendaratan ini menandakan keberhasilan kelima misi China di luar angkasa.

Diberitakan People's Daily, kapsul para astronot mendarat sekitar pukul 08.07 pagi ini di wilayah Mongolia Dalam. Ketiganya kembali dalam keadaan sehat. Mereka perlu sekitar setengah jam untuk menyesuaikan diri dengan gravitasi bumi sebelum diperbolehkan keluar.

Astronot pertama yang keluar dari kapsul adalah Komandan Misi Nie Haisheng pada pukul 09.31, diikuti oleh Zhang Xiaoguang dan astronot wanita Wang Yaping. Mereka berhasil melakukan latihan docking atau merapatkan pesawat ke modul luar angkasa Tiangong-1.

Wang juga menjadi guru pertama di luar angkasa yang mengajarkan soal gravitasi dan ilmu pengetahuan lainnya langsung dari Tiangong pada ratusan anak di China. Wang adalah wanita kedua China yang terbang ke luar angkasa.

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Nie, adalah astronot China yang paling lama berada di luar angkasa. Ini adalah kali kedua dia mengorbit, selama 470 jam. Pada misi kali ini, ketiga astronot berada di Tiangong selama 12 hari.

Sebelum kembali ke bumi, Shenzhou X melakukan uji terbang pertama mengelilingi Tiangong-1, Selasa kemarin. Pengujian dilakukan karena docking di masa mendatang harus bisa dilakukan dari berbagai sisi.

Kesuksesan misi kali ini sekali lagi membuat China selangkah lebih maju dalam mimpi mereka membangun stasiun luar angkasa sendiri.

Misi kali ini juga mengakhiri misi Tiangong-1. Lab luar angkasa Tiangong-1 sendiri telah diluncurkan sejak 29 September 2011 dan memiliki masa tahan selama dua tahun.

Namun, menurut Zhou Jianping, perancang program luar angkasa China, Tiangong masih memiliki bahan bakar yang cukup untuk mengorbit dua tahun lagi.

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia
VIVA Militer: Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky

Rusia Telah Menangkap Pemodal Teroris Serangan Moskow, Ternyata Dikirim Melalui Ukraina

Dalam penemuan itu, mereka mengklaim bahwa negara Ukraina telah membayar “sejumlah besar dana” kepada para pelaku.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024