Banjir dan Tanah Longsor di India, 739 Orang Tewas

Banjir besar yang menghantam Uttarakhand, kawasan Himalaya di India dan Nepal
Sumber :
  • independent.co.uk

VIVAnews - Banjir dan tanah longsor melanda Uttarakhand, kawasan Himalaya di India dan Nepal. Diperkirakan 739 orang tewas akibat kejadian ini. Para pejabat setempat mengatakan angka ini hanya awal, dan sangat mungkin bertambah hingga ribuan, dilansir Wall Street Journal, hari ini.

Saat ini, tentara setempat terus mengerahkan bantuan untuk menyelamatkan puluhan ribu warga yang terdampar di sekitar bencana. Meski curah hujan deras telah menurun dalam beberapa hari terakhir, namun upaya untuk menjangkau korban yang terdampar—kebanyakan para peziarah yang mengunjungi kuil Hindu di daerah terpencil—terhambat oleh kerusakan jembatan dan fasilitas jalan raya yang ekstrim akibat tanah longsor.

Kondisi semakin buruk lantaran terbatasnya peralatan penyelamatan oleh tentara India yang terjun ke lapangan. "Jumlah korban tewas bisa bertambah hingga ribuan. Angka tepatnya akan diketahui jika lumpur dan air menyurut," kata Kepala Menteri Uttarakhand, Vijay Bahuguna, dalam konferensi pers di televisi.

Sementara itu, menurut Shell Gupta, seorang pejabat pemerintah di Uttarakhand, upaya pencarian dan penyelematan kini lebih intensif mengingat perkiraan curah hujan di lokasi akan kembali meningkat dalam beberapa hari mendatang.

"Kami coba melakukan yang terbaik untuk mengevakuasi orang-orang dan memberi mereka dukungan moral. Tapi, hujan deras telah menghambat operasi bantuan di beberapa daerah tinggi," ujar Gupta, kemarin.

Saat ini, pihak berwenang setempat melaporkan telah menyelamatkan sekitar 82.000 orang. Tapi, kurang lebih 22.000 orang, yang mana sebagian besar peziarah, masih terdampar dan membutuhkan pertolongan.

Hujan angin atau monsun yang terjadi sejak 15 Juni mengakibatkan banjir dan tanah longsor di Uttarakhand dan wilayah negara tetangga Nepal, Himachal Pradesh. Setidaknya, 680 orang dipastikan tewas dan 334 lainnya hilang. Sementara di Himachal Pradesh, jumlah korban tewas ditaksir 20 orang.

Hingga kini, pemerintah India telah mengerahkan lebih dari 25.000 tentara dan 43 helikopter angkatan udara untuk membantu upaya penyelamatan di Uttarakhand dan Himachal Pradesh.

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia

Helikopter terus memasok bantuan berupa paket makanan dan obat-obatan ke desa-desa yang aksesnya terputus oleh banjir dan tanah longsor.

Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024