Kota-kota Miliuner Baru Tumbuh Subur di China

Malam hari di kota Chongqing, China
Sumber :
  • Wikipedia/Prof. Chen Hualin

VIVAnews - Selama ini para investor Barat hanya mengenal Beijing dan Shanghai sebagai kota para miliuner di China. Tapi ternyata, ada kota-kota lainnya yang jadi rumah para miliuner baru di negara tersebut.

Kota ini mungkin tidak familiar di telinga orang Barat maupun Asia. Namun kota-kota ini menjanjikan banyak peluang bagi para pebisnis untuk memulai usahanya.

4 Tim Lolos 8 Besar Piala Asia U-23, Indonesia Siap Nyusul?

Diberitakan CNN, Selasa 18 Juni 2013, salah satunya adalah kota Chongqing di barat daya China. Menurut riset terbaru dari WealthInsight, Chongqing adalah kota dengan pertumbuhan populasi multi-miliuner paling cepat di China antara tahun 2007 sampai 2012. Orang kaya di kota ini tumbuh hampir 80 persen dalam periode tersebut.

Selain itu, Chongqing adalah rumah bagi 96 orang paling kaya di China, yang masing-masing memiliki aset senilai lebih dari US$30 juta.

Kota lainnya adalah Chengdu dan Fuzhou. Jumlah multi-miliuner di kota ini meningkat hingga 60 persen di periode yang sama. Data terakhir menunjukkan bahwa ada 120 multi-miliuner di Chengdu dan 67 di Fuzhou.

Sebagai perbandingan, Hong Kong adalah kota dengan multi-miliuner terbanyak di dunia, yaitu 2.560 orang pada akhir 2012. Tapi populasi orang kaya di wilayah otonomi China itu hanya meningkat 16 persen pada periode yang sama dengan kota-kota di atas.

Dalam 10 daftar kota di China dengan perkembangan miliuner terbesar versi WealthInsight, tidak ada nama kota-kota besar dan terkenal. Hal ini menunjukkan pemerataan pembangunan China dan beralihnya para pengusaha dari pusat bisnis ke kota-kota baru yang menjanjikan.

"Bank-bank swasta dan perusahaan barang mewah harus mulai mendirikan cabang mereka di kota-kota kecil seperti Hangzhou dan Wuhan," tulis laporan WeathInsight.

Dalam daftar 10 kota WealthInsight, Hangzhou adalah salah satu kota dengan pertumbuhan populasi multi-miliuner tercepat. Kota ini memiliki 563 multi-miliuner dengan pertumbuhan orang kaya 57 persen dari 2007 sampai 2012. (eh)

Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5

Tidak Fokus Berkendara, Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5

Baru-baru ini, beredar video viral menunjukkan peristiwa kecelakaan pengendara motor menabrak mobil BMW Seri 5 yang sedang ingin menyeberang dari sisi kanan jalan ke arah

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024