Isu Kekerasan di Suriah Akan Dominasi KTT G8

PM Inggris David Cameron dan Presiden Rusia Vladimir Putin
Sumber :
  • REUTERS/Anthony Devlin/Pool

VIVAnews - Delapan negara ekonomi terbesar dunia yang tergabung dalam G8 akan bertemu dalam KTT yang digelar di Irlandia Utara, Senin 17 Juni 2013. KTT ini diprediksi akan didominasi isu Suriah.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Manchester United vs Sheffield United

Negara-negara Barat kini tengah membujuk Rusia agar mendesak Bashar al-Assad mau berunding. Bujukan pada Rusia sebelumnya telah disampaikan  Cameron dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Vladimir Putin, Minggu kemarin. Rencananya hari ini, di sela-sela KTT Putin akan bertemu dengan Obama.

Reuters menuliskan, dalam pertemuan pertama selama setahun terakhir dengan Putin, Obama akan mencari landasan bersama soal konflik Suriah. Sebelumnya, Rusia berang pada rencana AS bagi para pejuang Suriah.

Selain itu, Rusia mengecam AS yang menempatkan jet tempur F-16 dan rudal Patriot mereka di Yordania, jaga-jaga jika PBB menerapkan zona larangan terbang pada Suriah. Rusia menafikan alasan AS bahwa Suriah menggunakan senjata kimia. Menurut Putin, langkah AS tidak akan menyelesaikan masalah, malah justru memperburuknya.

Dalam pertemuan dengan Cameron di London sehari sebelum KTT. Putin mengecam posisi Barat dalam mendukung pejuang Suriah yang disebutnya sebagai kanibal. Pernyataannya ini menyusul tersebarnya video pejuang Suriah sebagai bentuk balas dendam.

"Apakah orang-orang seperti ini yang kalian dukung? Apakah mereka yang ingin kalian beri senjata?" kata Putin dalam konferensi pers kemarin.

Di KTT nanti, Rusia juga akan menghadapi desakan Prancis yang bersama-sama Inggris menggawangi bagi pejuang Suriah oleh Uni Eropa. Cameron berharap, dalam pertemuan nanti masalah ini bisa diselesaikan dan dicapai mufakat.

"Kami menginginkan pertemuan di mana kita bisa melihat satu sama lain, menghadapi rintangan dan pertentangan dan menyelesaikan masalah yang kita hadapi," kata Cameron.

Dikira Tewas oleh Israel, Komandan Al Quds Abu Shujaa Tiba-tiba Muncul di Pemakaman

KTT G8 ke-39 ini akan diadakan selama dua hari di Lough Erne, County Fermanagh, Irlandia Utara, Inggris. Delapan negara G8 adalah Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Rusia, Amerika Serikat dan Inggris. KTT sendiri akan diketuai oleh Perdana Menteri Prancis David Cameron.

Selain konflik di Suriah, dalam KTT itu juga akan dibahas soal krisis ekonomi dunia, termasuk peran bank sentra dan kebijakan moneter. Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe rencananya juga akan memaparkan sistem stimulus fiskal dan moneternya yang dikenal dengan 'Abenomic' kepada para kepala negara G8. (umi)

KPK Ungkap Background Pejabat Pemilik Aset Kripto Miliaran
Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan

KPK Siap Dampingi Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran dari Potensi Korupsi

Komisi Pemberantasan Korupsi, KPK, mengatakan bakal memonitor program makan siang gratis yang jadi agenda prioritas pemerintahan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024