DUNIA

14-6-1777: Lahirnya Bendera Nasional AS

Pada 1949, Kongres AS canangkan 14 Juni Hari Bendera Nasional

ddd
Jum'at, 14 Juni 2013, 09:39 Renne R.A Kawilarang
Tentara AS kibarkan bendera nasional di Iwo Jima pada Perang Dunia Kedua
Tentara AS kibarkan bendera nasional di Iwo Jima pada Perang Dunia Kedua (Wikimedia Commons / US Archiv ARCWEB)
VIVAnews - Pada 236 tahun yang lalu, Kongres Amerika Serikat menyepakati bendera nasional mereka. Dikenal sebagai "Stars and Stripes," bendera itu berupa garis-garis merah dan putih dengan kumpulan bintang di sudut kiri, yang banyaknya mewakili jumlah negara bagian di AS.

Menurut The History Channel, penetapan bendera itu berlangsung saat pasukan kemerdekaan AS pimpinan Jenderal George Washington masih berjuang mengusir kolonial Inggris. Dalam pertemuan yang kedua, para anggota Kongres menetapkan bahwa bendera Amerika Serikat terdiri dari tiga belas garis merah dan putih dan tiga belas bintang mewakili jumlah persatuan negara-negara serikat ketika itu.

Bendera ini resmi menggantikan bendera sebelumnya, "Grand Union," yang sempat mewakili pejuang kemerdekaan pada 1776 dan juga terdiri dari 13 garis merah dan putih.

Menurut legenda, bendera baru AS itu dibuat oleh seorang penjahit di Kota Philadelphia, Betsy Ross, atas permintaan Jenderal Washington, yang kemudian menjadi presiden pertama AS. Namun kalangan sejarawan belum bisa membuktikan kebenaran klaim itu.

Dengan masuknya beberapa negara bagian baru ke AS setelah kemerdekaan, bertambah pula jumlah garis merah putih dan bintang pada bendera nasional. Namun pada 1818, Kongres menetapkan bahwa 13 garis merah dan putih tetap dipertahankan, untuk menghargai jumlah koloni mula-mula di negeri mereka sedangkan jumlah bintang boleh ditambahkan sesuai dengan banyaknya negara bagian.

Kini, bendera Stars and Stripes memiliki 50 bintang setelah Hawaii ditetapkan menjadi negara bagian ke-50 pada 1959. Sepuluh tahun sebelumnya, Kongres menyatakan bahwa setiap 14 Juni dinyatakan sebagai Hari Peringatan Bendera Nasional.


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com