Tertidur, Bankir Tak Sengaja Transfer Ratusan Juta Euro

Rupiah Anjlok
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVAnews -
Rusia Telah Menangkap Pemodal Teroris Serangan Moskow, Ternyata Dikirim Melalui Ukraina
Seorang bankir di salah satu bank Jerman tidak sengaja mentransfer ratusan juta euro. Hal ini terjadi saat dia sangat kelelahan, dan tertidur sejenak di mejanya.

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Diberitakan
Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia
CNN , Selasa 11 Juni 2013, kejadian ini terungkap pada sebuah pengadilan di Jerman pekan ini. Insiden itu sendiri terjadi pada 2 April 2012 silam.


Saat itu, seorang bankir tertidur sejenak saat proses transfer berlangsung. Tanpa sengaja, jarinya menekan angka 2 di papan tombol komputer. Transfer yang seharusnya hanya 62,40 euro (Rp816 ribu) berubah menjadi 222.222.222,22 euro atau lebih dari Rp2,9 triliun.


Beruntung, kesalahan ketik ini terdeteksi pada pemeriksaan rutin sistem internal. Namun, seorang pengawas sebelumnya meloloskannya. Pengawas yang telah bekerja selama 26 tahun di bank ini akhirnya dipecat.


Pria 48 tahun ini menggugat pemecatannya ke pengadilan Jerman. Akhirnya pekan ini, pengadilan pekerja di Frankfurt memenangkan kasusnya.


Pengadilan mengatakan bahwa pengawas itu juga kelelahan saat peristiwa terjadi. Hari itu, dia telah memeriksa 603 pembayaran, satu per satu diperiksa dalam hitungan detik. Tidak ada kesalahan yang lolos dari pengawasannya kecuali salah transfer itu.


Ini bukan kali pertama bank di Jerman salah transfer. Sebelumnya tahun lalu, Commerzbank mentransfer 200 juta euro pada nasabah yang menjual saham seharga 20.000 euro. Rupanya, teller terlalu banyak memasukkan angka 0.


Nasabah ini langsung memindahkan 10 juta euro ke rekeningnya yang lain. Commerzbank berhasil mendapatkan seluruh 200 juta euro milik mereka. Namun nasabah itu tetap untung dengan bunga bank yang diperolehnya sebanyak 12.000 euro.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya