Presiden Rusia Umumkan Perceraian di Televisi

PM Rusia, Vladimir Putin
Sumber :
  • Reuters Photo

VIVAnews – Presiden Rusia Vladimir Putin dan isterinya, Lyudmila Alexandrovna, mengumumkan mereka sudah tidak lagi bersama. Pasangan yang telah menikah 30 tahun itu membenarkan rumor yang selama ini beredar soal perceraian mereka.

“Rumor itu memang benar dan perpisahan ini dilakukan atas dasar kesepakatan bersama,” ujar Putin seperti dilansir laman Telegraph, Kamis 6 Juni 2013. Pernyataan itu meluncur usai Putin dan Lyudmila usai menyaksikan pertunjukkan balet bertajuk Esmeralda pada Kamis malam waktu setempat di Istana Negara Kremlin.

Kepada stasiun televisi Rusia milik pemerintah, Rossiya 24, pasangan itu membeberkan sedikit soal perpisahan mereka. Lyudmila mengatakan, salah satu penyebab perpisahan itu adalah karena mereka jarang bertemu. Ia sesungguhnya tak ingin terlalu mengekspos masalah pribadi tersebut.

“Perpisahan ini merupakan keputusan bersama. Pernikahan kami berakhir di tengah kenyataan bahwa kami sangat sulit bertemu satu sama lain. Saya tidak suka publisitas, dan bepergian menggunakan pesawat terbang sangat sulit untuk saya,” kata Lyudmila. 

Saat ditanya apakah perpisahan itu sudah ditandai dengan perceraian secara hukum, pasangan itu menolak berkomentar. Mereka hanya mengatakan bahwa pernikahan yang terjadi tahun 1983 itu berakhir dengan baik.

Putin dan Lyudmila pun berjanji untuk tetap menjaga kedekatan hubungan demi kedua putri mereka, Katya dan Masha yang masing-masing berusia 27 dan 28 tahun. “Kami akan tetap dekat satu sama lain, dan saya yakin hal itu akan berlangsung selamanya,” ujar Putin.

Pasangan itu memang jarang terlihat tampil bersama di hadapan publik. Kemunculan mereka pada Kamis malam kemarin merupakan pertama kalinya sejak Putin menjabat sebagai Presiden untuk kali ketiga pada Mei 2012.

Dalam beberapa foto yang diabadikan oleh seorang pembuat film asal Jerman, Putin terlihat selalu sendiri dalam melakukan kegiatan sehari-harinya, mulai dari berlatih olahraga hoki es di malam hari sampai berenang. Ia hanya ditemani anjing peliharaannya yang bernama Connie.

Kini keduanya mengaku sudah tidak lagi tinggal seatap. Lyudmila memilih tinggal di sebuah rumah dekat perbatasan dengan Estonia, sementara Putin tinggal di Istana Kepresidenan di ibu kota Rusia, Moskow. Keduanya bertemu saat Putin masih menjadi agen muda intelijen Rusia, KGB. Saat itu Lyudmila berprofesi sebagai pramugari.

Isu perselingkuhan

Beredar isu di publik bahwa penyebab perpisahan keduanya karena orang ketiga. Putin diduga telah lama berselingkuh dengan pesenam olimpiade, Alina Kabayeva.

5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Brighton vs Manchester City di Premier League

Kabayeva kemudian terjun ke dunia politik di era kepemimpinan pria berusia 60 tahun itu. Namun hingga kini belum ditemukan bukti yang membenarkan isu perselingkuhan tersebut.

Isu perselingkuhan Putin dengan Kabayeva pertama kali merebak pada tahun 2008, ketika sebuah koran Rusia yang dimiliki oligarki miliuner Alexander Lebedev mengutip pernyataan seorang sumber. Sumber tersebut mengatakan isu perselingkuhan itu memang benar adanya.

Namun kemudian koran yang dimiliki Lebedev gulung tikar. Lebedev kala itu beralasan, koran besutannya tidak lagi memberikan keuntungan. Apapun, banyak pihak menduga itu merupakan cara Lebedev meredam kemarahan Putin yang geram dengan pemberitaan tersebut.

Rumor kemudian semakin memanas ketika seorang penulis blog yang tidak diketahui namanya, menulis bahwa Kabayeva telah melahirkan anak hasil perselingkuhannya dengan Putin.

Saat itu Putin berang dan mengatakan tidak ada satupun pernyataan yang tertulis di blog itu merupakan fakta. Sementara juru bicara Kabayeva enggan berkomentar dan mengatakan semua isu itu hanya omong kosong belaka.

Ngeri! Penampakan Angin Puting Beliung 'Hadang' Nelayan di Perairan Madura
Syahrul Yasin Limpo (SYL), Jalani Sidang Perdana

Anak Buah SYL Video Call Bahas 'Orang KPK' dan 'Ketua': Siapin Dolar Nanti Kami Atur

Mantan Sespri Sekjen Kementerian Pertanian, Merdian Tri Hadi menyebut terdakwa Kasdi Subagyo sempat berkomunikasi dengan seseorang melalui video call.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024