Atasi Macet, Moskow Turunkan 1.000 Sepeda ke Jalan

Para pengendara sepeda di Kota New York AS
Sumber :
  • REUTERS
VIVAnews -
Heru Budi Didesak Segera Bangun Proyek Pengelolaan Sampah Sunter yang Mangkrak 5 Tahun
Pemerintah kota Moskow akan membuat ratusan kilometer jalur sepeda dan menyediakan ribuan sepeda untuk umum. Langkah ini diambil untuk mengatasi kemacetan yang mengular setiap hari di ibukota Rusia itu.

BNI Bakal Terbitkan Global Bond US$500 Juta, Jadi Incaran Investor Asing

Diberitakan
Arus Mudik di Aceh Diprediksi Meningkat 9 Persen pada 2024
Asia One , peluncuran skema jalur sepeda ini dilakukan pada Sabtu, 1 Juni 2013. Dalam skema ini, Moskow meniru beberapa kota dunia, seperti London dan Paris yang telah memiliki jalur sepeda hingga lebih dari 400 kilometer.


Moskow menargetkan memiliki jalur sepeda sepanjang 131 kilometer yang akan selesai dibuat pada akhir tahun ini. Selain itu, pemkot Moskow juga akan menyediakan 1.000 sepeda yang bisa disewa murah di 50 tempat di seluruh kota.


Rencana ini disambut baik oleh masyarakat Moskow. Alyona, 22, mahasiswa di kota tersebut mengatakan bahwa selama ini Moskow bukanlah kota yang ramah bagi pengendara sepeda. "Sangat berbahaya berjalan di jalan sempit, apalagi terjebak di kemacetan lalu lintas," kata dia.


Sergei Kanayev, presiden Federasi Pengendara Mobil Rusia mengatakan bahwa kemacetan solusi Moskow kini menemui titik terang. "Jika 15 persen saja pengendara menggunakan sistem ini selama musim panas, maka kita akan bisa bernafas dengan lega di Moskow," ujarnya.


Jika skema ini berjalan lancar, pemerintah Moskow berencana menambah titik penyimpanan sepeda hingga 120 tempat dan 1.700 unit sepeda. Bahkan tidak menutup kemungkinan, skema ini bisa dilakukan di musim dingin yang suhunya bisa mencapai minus 30 derajat. (adi)


"Jika memang ada permintaan, kami akan membukanya di musim dingin," kata wakil walikota urusan transportasi, Maxim Liksutov.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya