Pembuat Bom Dry Ice di Disneyland Ditahan

Istana Sleeping Beauty di Disneyland Hong Kong.
Sumber :
  • dok Disneyland Hong Kong

VIVAnews - Polisi Anaheim menahan seorang pegawai Disneyland California karena diduga pelaku peledakan di taman bermain itu. Pria bernama Christian Barnes saat ini sedang dimintai keterangan dengan dugaan memiliki alat peledak.

Kantor berita ABC News, Rabu 29 Mei 2013, melansir pernyataan itu dikeluarkan oleh Sersan Bob Dunn. Namun masih belum diketahui mengapa polisi menuduh Barnes sebagai pelaku peledakan.

Namun mereka mengakui menemukan pecahan botol air di dalam tong sampah. Polisi meyakini Barnes menggunakan botol tersebut untuk meletakkan es kering (dry ice) di dalamnya.

Selain itu polisi mengatakan sebelumnya akan memeriksa semua media sosial dan potongan gambar yang terekam di kamera pengawas. Selama ditahan, Barnes diakui polisi bersikap kooperatif.

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga

Ledakan itu terjadi pada Selasa waktu setempat di wahana Toontown. Saat itu, ledakan terjadi di dalam sebuah tong sampah. dan tim penjinak bom didatangkan.

Setelah penyisiran, polisi menemukan bahwa sumber ledakan ternyata adalah dry ice yang dimasukkan ke dalam botol. Apabila Barnes terbukti sebagai pelaku, maka dia akan dipecat.

Menurut seorang ahli bahan peledak dari Universitas Indianapolis Purdue, John Goodpaste, es kering sangat mudah untuk dibuat menjadi bom. Besarnya ledakaan tergantung dari ukuran wadah tempat meletakkan es kering, bahan dan jumlah es yang digunakan.

Alat peledak sederhana itu disebutnya juga dapat mengakibatkan luka kepada orang yang berada di sekitar ledakan. (eh)

Jumat Agung, Presiden Jokowi Ajak Resapi Makna Pengorbanan Yesus Kristus
Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) received a visit from officials of mining company Freeport McMoran at the Merdeka Palace, Jakarta, on Thursday.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024