Protes Nuklir, Kanada Putuskan Hubungan dengan Iran

Pertemuan Iran dan enam negara membicarakan nuklir di Istanbul, Turki
Sumber :
  • REUTERS/Tolga Adanali/Pool
VIVAnews -
4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa
Pemerintah Kanada menyatakan memutuskan seluruh hubungan dagang dengan Iran. Langkah ini dilakukan sebagai bentuk protes masih dilanjutkannya program nuklir Iran kendati banyak penentangan dari masyarakat internasional.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Diberitakan
5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa
Reuters , Kamis 30 Mei 2013, Menteri Luar Negeri Kanada John Baird mengatakan bahwa pemerintahnya prihatin atas kegagalan badan atom PBB (IAEA) dalam mendesak Iran memperbolehkan penyelidikan pada riset nuklir mereka.


"Tidak adanya kemajuan dalam hal ini membuat Kanada menghentikan secepatnya seluruh impor dan ekspor dengan Iran," kata Baird.


Dalam beberapa tahun terakhir, hubungan kedua negara semakin memburuk. September tahun lalu, Kanada menghentikan hubungan diplomatik dengan Iran menyusul laporan pelanggaran HAM oleh pemerintahan Mahmoud Ahmadinejad.


"Kanada prihatin dan khawatir pada program nuklir Iran dan catatan HAM mereka yang buruk serta dukungan mereka pada terorisme internasional di seluruh dunia," kata Baird.


Hubungan dagang antara Kanada dan Iran tahun 2012 mencapai uS$130 juta. Ekspor Kanada ke Iran mencapai US$95 juta, kebanyakan adalah sereal, minyak nabati, buah-buahan, bahan kimia dan mesin. Sementara ekspor Iran ke Kanada mencapai US$40 juta, yaitu buah-buahan, kacang-kacangan dan tekstil. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya