Kota New York Luncurkan Program "Sepeda Bersama"

Para pengendara sepeda di Kota New York AS
Sumber :
  • REUTERS
VIVAnews
Bertemu Airlangga di Jakarta, Bobby: Saya Diundang, Gak Sopan Kalau Tak Datang
- Pemerintah Kota tersibuk di Amerika Serikat, New York, mulai serius mempromosikan sepeda sebagai moda transportasi utama. Untuk itu, Kota New York meluncurkan program "Sepeda Bersama," yaitu penyewaan sepeda agar bisa dipakai bersama-sama oleh para warga.

Viral Candaan dengan Igun, Saipul Jamil: Kalau Mau Jaga Perasaan Korban Jangan Diungkit Lagi

Menurut stasiun berita
Kirim Surat Amicus Curiae ke MK, Megawati Singgung Etika Presiden Jokowi
BBC , peluncuran program ini terlambat sepuluh bulan dari jadwal semua, yaitu Juli 2012. Keterlambatan program ini akibat berbagai hal, salah satunya badai Sandy yang mengguncang New York dan sekitarnya pada Oktober 2012.


Pada tahap awal program, pemerintah Kota New York menyediakan 6.000 unit sepeda di 333 stasiun di distrik Manhattan dan Brooklyn. Tahap selanjutnya, jumlah sepeda akan ditambah menjadi 10.000 unit, begitu pula jumlah stasiun menjadi 600.


Sebanyak 14.000 warga Kota New York sudah mendaftar untuk ikut serta dalam program Sepeda Bersama. Skema serupa juga telah diterapkan di kota-kota besar lain di dunia, seperti London, Paris, Montreal, dan Barcelona.


Program Sepeda Bersama ini tidak gratis. Pengguna harus bayar iuran tahunan sebesar US$95 (sekitar Rp936.000). Namun, mulai 2 Juni, pemerintah kota juga memberlakukan tarif harian dan mingguan bagi yang ingin menggunakan sepeda sewaan. 


Beragam Tanggapan

Walikota New York, Michael Bloomberg, menyebut program ini adalah kemenangan besar bagi kotanya. "Kami kini punya suatu jaringan transportasi tanpa harus membelanjakan uang pembayar pajak," kata Blommberg dalam jumpa pers Senin waktu setempat.


Warga New York juga antusias. Alex Nash, misalnya, berencana akan menggunakan jasa itu secara teratur. "Ini ide yang bagus. Saya suka itu," kata Nash seperti dikutip kantor berita
Reuters
.


Namun, program Sepeda Bersama ini kemungkinan langsung mendapat sejumlah tantangan. Apakah pesepeda bisa aman berkendara di jalanan sesibuk New York, yang sudah berseliweran dengan berbagai mobil pribadi dan taksi? Selain itu banyak warga yang keberatan bila lahan parkir mobil diganti dengan stasiun penyimpanan sepeda dan tempat-tempat penyimpanan itu juga dipandang tidak menarik.


Dinas Transportasi Kota New York mengaku sudah diwanti-wanti oleh para penasihat Walikota London, Boris Johnson, bahwa kalangan warga pada awalnya akan memprotes program Sepeda Bersama. "Mereka bilang kami bakal dibenci selama enam bulan...Tapi kemudian program itu akan disukai," kata Jon Orcutt, direktur kebijakan transportasi seperti dikutip harian
The New York Times
. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya