Suu Kyi Kecam Pembatasan Populasi Rohingya di Burma

Pemilu Myanmar
Sumber :
  • Reuters/Damir Sagolj
VIVAnews -
Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi
Pemimpin oposisi dan aktivis pro-demokrasi Myanmar Aung San Suu Kyi mengecam langkah pemerintah yang akan membatasi populasi etnis Muslim Rohingya. Pembatasan populasi ini dilakukan untuk menekan jumlah etnis Rohingya yang dianggap ancaman.

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku

Diberitakan
Gunung Marapi Kembali Erupsi, Terjadi Hujan Abu Vulkanik dan Ganggu Penerbangan
Reuters , Senin 27 Mei 2013, berdasarkan peraturan baru pemerintah Burma -nama lain Myanmar-, etnis Rohingya di Rakhine hanya diperbolehkan memiliki dua anak saja.


Menurut organisasi pejuang hak Rohingya, Arakan Project, peraturan "dua anak cukup" sebenarnya telah diberlakukan pemerintahan junta Myanmar terhadap etnis Muslim ini sejak tahun 1994. Namun pemberlakuannya secara serius baru dilakukan beberapa minggu terakhir.


Suu Kyi mengatakan, jika benar diterapkan, maka peraturan baru ini telah melanggar hukum. Menurutnya, hak-hak Rohingya sama seperti warga lainnya, dan pembatasan adalah diskriminasi.


"Seharusnya mereka tidak mendiskriminasi. Ini melanggar hak asasi manusia," kata Suu Kyi. Sebelumnya, Suu Kyi dikritik karena tidak bersuara menanggapi kekejaman terhadap Rohingya.


Keputusan pemerintah untuk memperketat populasi Rohingya dilakukan setelah mendapat rekomendasi dari komisi penyelidik bentrok Rakhine. Dalam laporan mereka, pemerintah Myanmar diminta untuk agar tidak mengancam umat Buddha di sana.


"Di bawah peraturan ini, orang Bengali (Rohingya) hanya diperbolehkan memiliki satu istri dan dua anak. Lebih dari dua anak dianggap ilegal," kata seorang pejabat Myanmar.


Sedikitnya terdapat 800.000 etnis Rohingya di Rakhine. Kehidupan mereka terbatasi lantaran tidak memiliki kewarganegaraan tetap. Pemerintah Myanmar menolak memberikan status warga negara karena menganggap mereka pendatang dari Bangladesh, seberapa pun lamanya mereka tinggal di Rakhine. (umi)


Rohingya menjadi sasaran kekerasan saat bentrok dengan umat Buddha tahun lalu dan awal tahun ini yang menewaskan ratusan orang. Sebanyak 140.000 etnis Rohingya kehilangan tempat tinggal dan pilih mengungsi ketimbang jadi korban kekerasan.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya