Kemiskinan di China Lahirkan 'Manusia Siput'

Liu Lingchao, manusia siput dari China
Sumber :
  • Orange.co.uk
VIVAnews
Tidak Fokus Berkendara, Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5
- Seorang warga China menjadi pusat perhatian lantaran menjadi 'manusia siput', dengan membuat rumah yang bisa dia bawa di pundaknya.

4 Tim Lolos 8 Besar Piala Asia U-23, Indonesia Siap Nyusul?

Liu Lingchao (38), warga Liuzhou, Provinsi Guangxi, memikul rumahnya ke manapun dia pergi. "Saya bisa pergi ke manapun saya ingin pergi. Ini keputusan mudah ketika saya ingin pindah," kata Liu.
Bikin Silau, Harga Emas Antam Kembali Tembus Rekor Tertinggi


Rumah
portable
yang selalu dipikul terbuat dari lembaran plastik yang ditempelkan pada rangka bambu ringan. "Ini adalah rumah portable ketiga yang pernah dibuat. Beratnya cuma 60 kg dan tahan digunakan sekitar 1 tahun," ujarnya.


Dengan rumah itu, Liu terbebas dari guyuran hujan dan sengatan matahari ketika dia memulung botol plastik dan barang lainnya.


Sebagai pemulung, ia memang tidak mempunyai tempat tinggal tetap. Untuk itu, Liu berinisiatif membuat rumah portable sebagai tempat berteduh sejak 5 tahun lalu. "Saya bisa menghemat banyak uang," imbuhnya.


Kehidupan yang Liu jalani merupakan potret betapa kerasnya persaingan untuk mendapatkan pekerjaan dan bertahan hidup di China karena jumlah penduduk yang besar. (sj)


(Sumber: Orange)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya