Bos IMF Christine Lagarde Diperiksa Pengadilan Prancis

Managing Director IMF, Christine Lagarde
Sumber :
  • REUTERS/Akintunde Akinleye
VIVAnews - Christine Lagarde, Direktur Dana Moneter Internasional (IMF), diperiksa Pengadilan Paris Jumat waktu setempat atau Sabtu dini hari waktu Indonesia, 25 Mei 2013. 
KPK Sebut Prabowo Subianto Tak Perlu Setor Nama-Nama Calon Menterinya

Dia diminta menjelaskan seputar pengucuran 285 juta euro atau US$368,5 juta dari kas negara kepada Bernard Tapie, pengusaha yang dikenal sebagai pendukung Nikolas Sarkozy. Pengucuran dana itu terjadi pada 2008 ketika Lagarde menjabat sebagai menteri keuangan dalam pemerintahan Presiden Sarkozy.
Diduga Terganggu, Komika Usir Ibu Menyusui dan Bayinya saat Pertunjukkan

"Penjelasan saya menjawab pertanyaan yang diajukan tentang keputusan yang saya buat saat itu," kata Lagarde Jumat petang waktu setempat seperti dilansir Reuters.
Depok Jadi Tuan Rumah Pembukaan Pendaftaran PPK untuk Pilkada 2024

Lagarde menjelaskan statusnya dalam kasus itu sebagai saksi diawasi (supervised witness). 

Kasusnya

Kasus ini bermula ketika pada 1993, Bernard Tapie, sosok kontroversial dalam dunia bisnis dan olahraga negeri itu, menggugat negara dan minta kompensasi setelah menjual sahamnya di perusahaan olahraga Adidas kepada Credit Lyonnais. 

Tapie merasa ditipu karena tak lama setelah jual beli itu, Lyonnais menjual kembali saham tersebut dengan harga berlipat-lipat lebih tinggi. 

Lagarde memang tidak dituduh memperkaya diri sendiri dalam pembayaran itu. Tapi pengadilan mendalami dugaan penyalahgunaan anggaran pemerintah dalam kasus ini.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya