DUNIA

Dua Kereta Komuter Tabrakan di AS, Puluhan Penumpang Luka

Beberapa mobil yang diangkut oleh kereta kedua juga ikut rusak.

ddd
Sabtu, 18 Mei 2013, 13:17 Desy Afrianti, Santi Dewi
 Dua kereta komuter tabrakan di AS
Dua kereta komuter tabrakan di AS ( CNN)

VIVAnews - Dua kereta komuter di negara bagian Connecticut, Amerika Serikat, bertabrakan pada hari Jumat pukul 6 sore waktu setempat. Menurut pejabat yang berwenang, kecelakaan itu mengakibatkan 67 penumpang luka-luka.

Kantor berita CNN, Sabtu 18 Mei 2013, melaporkan peristiwa itu bermula dari sebuah kereta komuter yang datang dari arah New Haven menuju kota New York, tiba-tiba keluar jalur dan menabrak kereta lainnya di Bridgeport, Connecticut.

Juru bicara kereta komuter Metro North, Marjorie Anders, menjelaskan selain mengakibatkan korban luka, beberapa mobil yang sedang diangkut oleh kereta kedua juga mengalami kerusakan.

Seluruh korban luka kemudian dilarikan ke dua rumah sakit berbeda. Sebanyak 26 penumpang saat ini dirawat di RS Bridgeport. Juru bicara rumah sakit Bridgeport, John Cappiello, melaporkan dua penumpang berada dalam keadaan kritis.

Sementara 41 korban lain dilarikan ke RS St. Vincent's Medical Center. Menurut juru bicara RS, Lucinda Ames, sebanyak satu orang dilaporkan berada dalam kondisi kritis di RS itu.

Sedangkan korban lainnya dilaporkan hanya menderita luka ringan. Namun pada pukul 09.45 malam waktu setempat, sebanyak 11 penumpang yang mengalami luka ringan, telah dibolehkan meninggalkan RS.

Pihak perusahaan Metro-North Railroad yang meninjau ke lokasi kecelakaan mengatakan ini merupakan peristiwa kecelakaan kereta terparah yang terjadi di Connecticut. Pernyataan serupa juga diungkapkan Gubernur Connecticut, Dannel Patrick Malloy, yang menjelaskan gerbong bagian depan salah satu kereta terlihat rusak parah.

Bahkan roda kereta api itu terlihat menempel ke kereta lainnya. Namun Malloy tidak ingin berspekulasi terlalu cepat mengenai penyebab terjadinya kecelakaan.

Pihaknya masih meyakini tidak ada sabotase, peristiwa itu murni kecelakan. Sementara penyelidik masih berusaha untuk mencari tahu penyebab kecelakaan dan mereka tiba di lokasi kecelakaan tak lama setelah musibah itu terjadi.

Sementara tim dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi direncanakan tiba hari Sabtu ini pukul 09:00 waktu setempat. Melihat parahnya kecelakaan tabrakan antar dua kereta, menyebabkan pengelola jalur rel kereta api Amtrak menunda semua perjalanan kereta dari kota New York menuju Boston hingga waktu yang tidak ditentukan.

Kebijakan ini dinilai akan memberatkan warga kota New York, karena jalur itu merupakan satu-satunya jalur keluar dari kota metropolitan itu dengan menggunakan kereta. (eh)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com