Filipina Minta Taiwan Jangan Sakiti Warganya

Para demonstran di Taiwan bakar bendera Filipina
Sumber :
  • REUTERS/Pichi Chuang
VIVAnews
Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans
- Filipina mengaku telah minta maaf kepada Taiwan atas penembakan nelayannya. Manila pun minta kepada Taipei agar, kendati tengah marah atas kematian nelayannya, tetap menjamin keselamatan puluhan ribu warga mereka yang tinggal dan bekerja di Taiwan.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

Juru bicara kepresidenan Filipina, Edwin Lacierda, kepada pers mengungkapkan bahwa permintaan secara resmi telah disampaikan pemerintahnya kepada Taiwan. "Kami mengerti atas kesedihan keluarga almarhum dan rakyat Taiwan atas kemalangan ini dan kami berempati dengan mereka," kata Lacierda, seperti dikutip kantor berita
Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah
Reuters . 


Dia pun minta Taiwan agar tetap tenang dan tidak mengungkapkan kemarahan atas warga Filipina yang banyak menjadi pekerja di sana. Lebih dari 85.000 warga Filipina diketahui tengah bekerja di Taiwan, kebanyakan sebagai pembantu rumah tangga.


"Mari jangan libatkan para warga Filipina di sana. Mereka sedang bekerja untuk hidup yang layak," kata Lacierda. Dia juga mengungkapkan bahwa Presiden Benigno Aquino telah memerintahkan investigasi yang menyeluruh dan imparsial atas penembakan nelayan Taiwan di dekat perbatasan.


Nelayan Taiwan, Hung Shih-cheng, tewas pekan lalu setelah kapalnya ditembak kapal patroli Filipina di perairan sebelah utara negara itu karena dianggap melanggar perbatasan maritim. Taiwan menyatakan pembunuhan itu berlangsung di zona ekonomi eksklusif Taiwan dan insiden tersebut dianggap melanggar hukum internasional.


Taiwan pun menolak permintaan maaf dari Filipina karena masih dianggap kurang pantas, karena menyebut kematian nelayannya itu merupakan peristiwa yang tidak beruntung dan tidak disengaja, demikian ungkap pernyataan pemerintah Taiwan dalam laman resmi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya