Coba Rekrut Agen Intelijen, Diplomat AS Ditangkap Rusia

Ryan Fogle, diplomat AS saat ditangkap agen intelijen Rusia
Sumber :
  • Reuters
VIVAnews
Ketua DPRD Kota Bogor Dorong Pemerintah Beri THR Lebaran bagi Warga Terdampak Bencana
- Seorang diplomat Amerika Serikat diusir Rusia karena ketahuan hendak merekrut seorang agen intelijen Rusia bekerja untuk intelijen AS, CIA. Ryan Fogle ditangkap dalam kondisi sedang menyamar dengan peralatan khusus serta uang tunai.

Todung Mulya Lubis Ungkap Alasan Sri Mulyani Hingga Risma Dihadiri di Sidang MK

Federal Security Service (FSB) Rusia menyatakan Ryan Fogle, sekretaris ketiga di Kedutaan Besar AS di Moskow, telah ditahan pada Senin malam. Kementerian Luar Negeri Rusia telah meminta Duta Besar AS untuk Rusia, Michael McFaul, mendiskusikan soal ini Rabu ini agar Fogle meninggalkan Rusia segera.
Respon Han So Hee Soal Reaksi Hyeri: Memang Lucu Pacaran Setelah Putus?


Televisi Rusia memperlihatkan tayangan seorang pria yang diidentifikasi sebagai Fogle ditahan. Kanal Russia Today mempublikasikan foto Fogle yang mengenakan wig rambut pirang. Foto lainnya, memperlihatkan dua wig, tiga pasang kacamata, senter, sebuah telepon genggam dan sebuah kompas. Juga diperlihatkan uang 500 euro dan sebuah surat yang ditujukan pada "Dear friend".


Isi surat tersebut berisi soal tawaran menggiurkan, jika mampu memberi jawaban konkret. "Kami berniat memberimu US$100.000 dan mendiskusikan pengalamanmu, keahlian dan kerjasama, dan pembayaran bisa lebih signifikan."


FSB, penerus lembaga intelijen era Soviet KGB, menyatakan Fogle bekerja untuk CIA. Fogle kini telah diserahkan ke kedutaan setelah ditahan.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya