Bentrok Berdarah di Myanmar, Enam Pria Muslim Didakwa

rusuh SARA myanmar, masjid dibakar
Sumber :
  • REUTERS/Soe Zeya Tun
VIVAnews -
Pelari Indonesia, Malaysia Hingga Amerika Siap Bertarung di Trail of The Kings Danau Toba 2024
Pejabat berwenang di Myanmar mendakwa enam pria muslim atas kematian seorang biksu saat peristiwa kekerasan terjadi di Meiktila pada Maret lalu. Akibat kerusuhan tersebut, sebanyak 43 orang yang sebagian besar adalah warga muslim, dilaporkan ikut tewas.

PAN ke PPP: Akui Dulu Prabowo-Gibran Menang Pilpres Jika Mau Gabung Koalisi

Menurut
Proyek Pengolahan Sampah Jadi Energi di Bekasi Terancam Gagal Karena Tata Kelola Buruk
BBC , Selasa 7 Mei 2013, tidak ada satu pun warga Buddha Myanmar yang ikut didakwa dalam bentrokan berdarah tersebut, kendati banyak bukti yang dihadirkan di pengadilan. Sementara tiga warga Muslim lainnya dituduh aksi pencurian dan penyerangan pada April kemarin.


Peristiwa kerusuhan ini diduga bermula dari sebuah konflik yang terjadi di sebuah toko emas. Pemilik toko dilaporkan memukul seorang pelanggan Myanmar etnis Buddha.


Konflik itu akhirnya melebar. Dalam sebuah video yang direkam oleh pihak polisi menunjukkan seorang pemuda Muslim dikejar dari rumahnya yang terbakar dan kemudian dibacok menggunakan parang.


Bagian lain di video itu menunjukkan secara jelas warga dan etnis non muslim menghancurkan toko-toko  dan mesjid yang ada di sekitarnya. Kekerasan berbau agama ini kemudian menyebar ke kota lainnya, sehingga pemerintah terpaksa memberlakukan jam malam.


Konflik agama ini merupakan yang terparah terjadi di negara bagian Rakhine sejak tahun lalu. Konflik pecah di antara warga Myanmar beragama Buddha dengan etnis Rohingya beragama Islam yang tidak diakui kewarganegaraannya.


Sementara dalam pidatonya pada Senin kemarin, Presiden Myanmar, Thein Sein, berjanji akan
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya