Kisah Pesohor Terang-terangan Berpoligami

Eyang Subur Laporkan Adi Bing Slamet ke Bareskrim Mabes Polri
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVAlife-
Cup Bra Terlalu Besar Picu Gangguan Kesehatan
Belakangan, kisah poligami mantan guru spiritual Adi Bing Slamet, Eyang Subur dengan tujuh istri ramai diperbincangkan oleh publik. Bahkan hal ini sempat mendapat sorotan tajam dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Jurus Turunkan Berat Badan Pakai Protein

Mengetahui Subur memiliki istri lebih dari empat, MUI langsung mengeluarkan fatwa yang menyatakan bahwa Eyang Subur menyimpang dari akidah serta syariat Islam. Salah satu indikasinya, selain menjalankan praktik perdukunan, dia memiliki istri lebih dari empat, yang dia nikahi sekaligus.
Misteri 'Bak Mandi Tuhan' Berusia 7.000 Tahun


Namun, istri-istri Subur kini terang-terangan menolak fatwa itu. Istri kelima Subur dan seterusnya menentang perintah MUI yang meminta agar Subur segera menceraikan mereka. Mereka berkukuh tak ingin diceraikan Subur. Menurut mereka, fatwa MUI bukanlah hukum.

"Kalau hukum sudah memutuskan untuk bercerai, tidak ada warga negara yang bisa melanggarnya. Tapi jika hanya fatwa, itu bisa dipertanyakan," ujar Made Rahman, pengacara istri Subur, saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta.

Pengakuan Eyang Subur menjalani bukanlah satu-satunya. Sebelumnya ada juga para pesohor yang mengaku secara terbuka, memiliki istri lebih dari satu. Simak kisahnya berikut ini:


Dik Doank


Juli 2012, publik digemparkan dengan kabar poligami penyanyi terkenal Dik Doank. Ia ramai diberitakan telah melangsungkan pernikahan dengan wanita yang usianya jauh lebih muda darinya, tanpa menceraikan istri pertamanya, Myrna Yuanita.


Poligami Dik Doank, pertama kali diungkap oleh Myrna. Ia membenarkan suaminya itu telah menikah lagi.


Sayangnya, Myrna tak bersedia untuk membeberkan secara detail soal pernikahan kedua suaminya. Myrna menyerahkan semua masalah itu kepada suaminya.


Setelah kabar poligaminya merebak di media, mantan presenter olahraga ini akhirnya buka suara. Dik Doank akhirnya menyebar undangan pada media bahwa ia akan bicara buka-bukaan soal pernikahan keduanya, di kediamannya di bilangan Ciputat, Tangerang.


Hal itu diungkapkan Dik Doank, melalui pesan singkatnya di BlackBerry.


"Hari ini tanggal 9 Agustus, aku akan bicara dengan media! Kabarkan pada teman media yang lain! Makasih. Dik Doank," tulis Dik Doank lewat BlackBerry Messenger, Kamis, 9 Agustus 2012 lalu.


Namun, meski benar ia bicara dan mengakui bahwa telah menikah siri, isi pesannya justru menyindir media di depan sejumlah anak-anak di sebuah pesantren.


"Selama 4 hari aku digunjingkan, padahal ini bulan puasa. Kenapa kamu tertarik dengan kemesraan aku, poligami itu sunah," tutur Dik menyindir media yang saat itu hadir dan selama beberapa hari belakangan terus menyorotnya.


Menurut saksi nikah, Naim, Dik Doank menikahi wanita bernama Khaerani atau Key pada 7 Juli tahun lalu. Pernikahan itu dilakukan secara siri dengan mas kawin berupa emas batangan seberat 100 gram.


Aa Gym


Pada Desember 2006, pendakwah terkenal Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym mengadakan jumpa pers yang mengumumkan bahwa dia berpoligami dengan janda beranak tiga yang juga berprofesi sebagai mantan model, Alfarini Eridani, sebagai istri keduanya.


Ketika itu Aa Gym menyatakan bahwa poligami ini ia lakukan sebagai jalan keluar darurat. Namun, sehari setelah jumpa pers, pengumuman poligami Aa Gym menjadi bahan olok-olok karena istri keduanya yang cantik tidak tampak sebagai jalan keluar darurat.  Sejak saat itu terjadi boikot lewat SMS oleh publik yang berisi kutipan dakwah Aa Gym yang tidak menganjurkan poligami, saat sang pendakwah melakukan sebaliknya. Walaupun begitu para humas MQ (manajemen Aa Gym) berkata bahwa kejadian tersebut tidak memengaruhi permintaan menjadi pembicara maupun bisnis.


Sejak pengumuman poligami itu, bisnis Aa Gym mulai redup. Tempat pengajian sekaligus pondok pesantren Aa Gym, Daarut Tauhid yang biasanya ramai pengunjung mulai sepi. Masjid berlantai dua yang biasa penuh hanya terisi sebagian, bahkan lantai duanya hanya terisi sekitar 10 persen.


Pada Mei 2007, karena aktivitas kunjungan pada Pondok Pesantren Daarut Tauhid yang terus berkurang sejak 2006 maka ponpes ini mulai mengurangi karyawannya. Kunjungan menyusut hingga 70 persen dan berpengaruh pada biaya operasional. Sebanyak 300 karyawan yang berstatus kerja lepas dan tetap terkena perampingan, total sekitar 40 persen dari karyawan dirumahkan.


Kiwil


Tak hanya Aa Gym, Eyang Subur dan Dik Doank yang mengaku telah berpoligami. Komedian Kiwil juga terang-terangan mengakui memiliki istri lebih dari satu.


Sejak memutuskan berpoligami, kehidupan pribadi pemilik nama asli Wildan Delta itu juga menjadi sorotan. Bahkan dikabarkan rumah tangganya sering bermasalah setelah melakukan poligami.


Kedua istrinya, Rohimah dan Meggy Wulandari kurang cocok dan sering bermasalah. Beberapa waktu lalu, pria 40 tahun itu sempat akan digugat cerai istri pertamanya. Istri keduanya, Meggy, juga sempat menggugat cerai Kiwil. Pasalnya, Meggy menganggap Kiwil belum adil.


Meggy pun kembali mengajukan cerai kepada Kiwil. Yang membuahkan hasil pada 23 Februari 2011, di mana Kiwil menjatuhkan talak dua kepada istri keduanya itu. Meggy bertekad bercerai secara resmi dengan kiwil. Salah satu penyebab Meggy yakin bercerai adalah sifat Kiwil yang kasar.


Dari pernikahan dengan istri pertamanya, Rohimah, Kiwil dikaruniai empat anak. Sementara dari pernikahan keduanya, Kiwil dikaruniai dua anak, yaitu Rezki (8) dan Ananda (2).
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya