DUNIA

VIDEO: Politisi Malaysia ini Berkampanye Pakai Bahasa Jawa

Ini demi menggaet calon pemilih keturunan Melayu-Jawa di Negeri Jiran
Rabu, 24 April 2013
Oleh : Denny Armandhanu
Ng Suee Lim, anggota DPRD Malaysia yang mahir bahasa Jawa

VIVAnews - Seorang politisi di Malaysia menggunakan cara unik untuk menggaet calon pemilih dari warga keturunan. Dia berkampanye menggunakan bahasa Jawa yang fasih, untuk mengambil hati orang-orang Melayu-Jawa.

Adalah Ng Suee Lim, anggota DPRD negara bagian Selangor, tepatnya dari Sekinchan, menggunakan cara ini agar terpilih kembali pada Pemilihan Raya 27 April 2013. Anggota dewan dari kubu oposisi Partai Aksi Demokrasi (DAP) ini telah tampil di berbagai acara dan rekaman video, berbicara bahasa Jawa.

Pria keturunan Tionghoa ini mengaku jago berbahasa Jawa lantaran pernah bekerja sebagai pembantu selama 10 tahun di rumah orang Malaysia keturunan Jawa di Selangor.

Cara ini terbukti ampuh untuk mengalahkan pengaruh kubu berkuasa, UMNO di Sekinchan. Sebanyak 40 persen dari 16.000 pemilih di wilayah ini adalah keturunan Melayu, separuhnya keturunan Jawa.

Selain untuk maju ke kursi dewan, kemampuan bahasanya ini juga membuatnya sering dipanggil untuk ceramah soal politik di hadapan warga. Dia mengatakan, dengan berbahasa Jawa, dia merasa jadi bagian dari warga.

Pemilu Malaysia rencananya akan dilaksanakan pada 27 April mendatang. Terdapat 222 kursi parlemen yang akan diperebutkan di 12 negara bagian Malaysia

Saksikan video politisi Malaysia berbahasa Jawa di tautan ini.

(ren)

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found