Korut Minta Warga Asing di Korsel Segera Hengkang

Seorang pekerja di Seoul, ibu kota Korea Selatan.
Sumber :
  • REUTERS/Lee Jae-Won

VIVAnews - Korea Utara meminta warga asing yang kini masih berada di Korea Selatan untuk angkat kaki dari negara itu. Himbauan ini diumumkan oleh Korut karena mereka khawatir warga asing akan terkena imbas dari konflik kedua negara apabila terjadi perang terbuka.

Potret Layanan Ratusan Mitra Utama Bea Cukai Tanjung Priok

Pernyataan ini diungkap oleh kantor berita Korut KCNA pada Selasa ini.
"Kami tidak ingin membahayakan warga asing di Korsel apabila terjadi perang," tulis KCNA yang mengutip pernyataan Komite Perdamaian Korea Asia-Pasifik.

Komite itu juga kembali menegaskan bahwa tuduhan yang dilancarkan oleh Amerika Serikat dan Korsel sengaja dilakukan untuk memprovokasi perang dengan Korut.

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

"Sekali perang terjadi di Semenanjung Korea, maka dapat memicu daerah lainnya juga ikut berperang. Oleh sebab itu Korut tidak ingin warga asing menjadi korban," tegas komite itu.

Dilansir laman CNN, Selasa 9 April 2013, himbauan ini merupakan kali kedua setelah pada Jumat lalu, Korut menganjurkan diplomat asing yang bertahan di Pyongyang untuk mengambil langkah antisipatif. Mereka mengatakan tidak dapat menjamin keselamatan para diplomat tersebut, apabila mereka tidak keluar dari Korut pada hari Rabu besok.

Mikel Arteta Berharap Lebih dari Kapten Arsenal

Namun menurut para pengamat, himbauan yang diumumkan Korut ini tidak lebih dari gertakan semata. Mereka berpendapat tiap himbauan yang dikeluarkan Korut hanya merupakan aksi provokatif. (eh)

Ilustrasi narkoba.

Beberapa Selebgram Ditangkap Polres Jaksel, Siapa Saja Mereka?

Menurut Kapolres Metro Jakarta Selatan, Komisaris Besar Polisi Ade Rahmat Idnal. Adapun penangkapan beberapa selebgram ini dilakukan kemarin malam.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024