DUNIA

Korut Panas, Dubesnya di Inggris Adem Ayem

"Salah satu diplomat itu fans berat The X Factor"
Senin, 8 April 2013
Oleh : Suryanta Bakti Susila, Santi Dewi
Perempuan prajurit Korea Utara berpawai di Ibukota Pyongyang
VIVAnews - Situasi konflik di Semenanjung Korea semakin memanas setelah Presiden Korea Utara (Korut), Kim Jong-un, menyatakan perang terbuka terhadap Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan (Korsel) pada akhir Maret lalu. Namun situasi serupa tidak terlihat di kediaman Duta Besar Korut yang terletak di Ealing, daerah London Barat, Inggris.

Rumah dua lantai yang lokasinya dekat dengan stasiun bawah Acton Town Tube itu terlihat adem ayem dan jendelanya tertutup rapat oleh tirai. Publik pun penasaran dengan aktivitas diplomatik yang dilakukan Duta Besar Hyon Hak Bong di Inggris setelah negaranya mengumumkan perang terbuka. 

Dilansir Dailymail, Sabtu 6 April 2013, aktivitas pria yang terpilih sebagai Duta Besar sejak 2011 itu semakin jarang terlihat di publik setelah pernyataan terbuka Kim Jong-un tersebut. Namun sang istri terlihat masih keluar untuk berbelanja pada Jumat lalu.

Padahal di waktu yang bersamaan Kementerian Luar Negeri Korut menghimbau seluruh diplomat asing yang masih berada di Pyongyang untuk segera keluar. Hal menarik lainnya yang ditemukan oleh Dailymail terdapat tanda yang diletakkan di dinding taman kediaman Hak Bong setinggi dua meter. 

Dari tanda itu terdapat sebuah tulisan yang berisi untuk tidak memarkirkan kendaraan di luar kediaman Duta Besar pada Selasa 9 April besok karena akan dilakukan proses bongkar muat. Pertanyaan pun kemudian terlintas di benak publik London. 

Apakah ini berarti Hak Bong dan tim diplomatnya akan kembali ke Korut jelang batas waktu yang disarankan pemerintah Korut kepada diplomat asing di Pyongyang berakhir pada 10 April? Atau kemungkinan pihak Kedutaan Besar turut berpartiasipasi dalam peluncuran rudal?

Wartawan bertanya kepada seorang diplomat Korut yang mengenakan setelas jas berwarna hitam dan baru saja memarkirkan mobil Mercedes biru di depan kediaman Dubes. Diplomat itu memandang dengan arah curiga ketika dihampiri oleh wartawan. 

Ketika ditanya apakah wartawan dapat bertemu dengan Dubes Hak Bong, diplomat itu menolak permintaan para pewarta berita. Jawaban serupa muncul saat wartawan meminta waktu bertemu dengan atase pers. 

"Tidak," ujar singkat sang diplomat yang berlalu masuk ke dalam kediaman Dubes. 

Para tetangga yang berada di sekitar kediaman Dubes Hak Bong mengatakan bahwa para diplomat Korut merupakan orang yang baik. 

"Kami bahkan pernah minum bersama sekali dengan para diplomat itu. Mereka mengatakan kepada kami bahwa mereka menyukai Inggris," ujar para tetangga.

Pernyataan lain yang diungkap para diplomat asal Korut menurut tetangga yang pernah berkomunikasi dengan mereka yaitu mengenai program tayangan program televisi favorit.

"Salah satu dari para diplomat itu mengatakan fans berat acara The X Factor," kata sang tetangga. (eh)
TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found