DUNIA

Gedung Runtuh, Puluhan Orang Terkubur Hidup-hidup

Gedung di Maharashtra, India itu rubuh hanya dalam 4 detik.

ddd
Jum'at, 5 April 2013, 18:07 Ita Lismawati F. Malau, Santi Dewi
Gedung roboh di India. Puluhan orang diduga tewas
Gedung roboh di India. Puluhan orang diduga tewas  

VIVAnews -- Sebuah gedung tujuh lantai runtuh, Kamis 4 April 2013 malam waktu setempat di Maharashtra, India. Peristiwa ini mengakibatkan puluhan orang tewas dan melukai 69 orang lainnya.

Kepolisian Mumbai mengaku belum tahu penyebab runtuhnya gedung itu. Tapi, Inspektur Digamber Jangale menduga penggunaan bahan bangunan yang tidak sesuai standar menjadi pemicu gedung runtuh.

Seorang saksi bernama Ramlal, mengatakan gedung itu sudah terlihat miring dan menunjukkan tanda-tanda akan runtuh. "Gedung itu runtuh dalam waktu yang sangat cepat. Mungkin antara tiga hingga empat detik," ujar Ramlal.

Dilansir kantor berita BBC, Jumat 5 April 2013, jumlah korban yang dinyatakan tewas masih simpang siur. Ada yang menyebut korban tewas berjumlah 31 orang, namun ada juga yang menyatakan 35 orang.

Di antara korban tewas itu, diduga terdapat 11 anak-anak. Kebanyakan dari korban merupakan pekerja konstruksi yang tinggal di dalam gedung. Menurut Jangale, ketika peristiwa runtuhnya gedung itu terjadi empat dari tujuh lantai sudah berhasil diselesaikan dan disi. Tiga lantai di atasnya pun baru saja diselesaikan.

"Namun pihak kontraktor berubah pikiran dan membangun satu lantai lagi," ungkap Jangale seperti dikutip BBC.

Hingga berita ini diturunkan, kepolisian setempat bekerja sama dengan tim penyelamat masih terus mengevakuasi dan mencari korban yang masih terjebak di dalam reruntuhan gedung.

Kejadian ini menambah panjang deret peristiwa gedung runtuh di Maharashtra. Dua peristiwa serupa terjadi di bulan Desember dan September 2012.

Pada bulan Desember, sedikitnya 13 orang tewas ketika sebagian dari bangunan sebuah gedung runtuh di Wagholi, daerah Maharashtra. Sementara gedung lainnya juga runtuh di bulan September dan mengubur hidup-hidup enam orang.

Menurut laporan yang diterima BBC, menjamurnya gedung bertingkat di kota Mumbai dipicu oleh jumlah penduduk yang meningkat pesat, namun tidak diakomodir dengan jumlah lahan yang cukup. Alhasil proyek pembangunan gedung tinggi pun menjamur di Mumbai, tapi tidak disertai dengan pengurusan izin yang sesuai dan kurangnya antisipasi terhadap kecelakaan kerja. (eh)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com