DUNIA

Lima Manfaat Penting Berhenti Merokok

Merokok telah menjadi kebiasaan yang sulit untuk dihentikan.
Rabu, 27 Maret 2013
Oleh : Maya Sofia, Tasya Paramitha
Merokok telah menjadi kebiasaan yang sulit untuk dihentikan.

VIVAlife - Merokok telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat saat ini. Walaupun merokok memiliki berbagai dampak buruk bagi kesehatan, namun banyak orang yang kesulitan berhenti merokok.

Mereka mengaku rokok memiliki sifat adiktif. Selain itu, para perokok umumnya mengatakan rokok dapat membantu mengatasi stres. Bagi Anda yang ingin berhenti merokok, namun masih mengalami kesulitan tampaknya perlu mengetahui beberapa manfaat berhenti merokok berikut ini seperti dilansir laman Times of India.

1. Tubuh kembali normal

Berhenti merokok dapat membuat tubuh kembali normal layaknya bayi. Tekanan darah, detak jantung hingga temperatur tangan dan kaki Anda kembali normal.

Tak hanya itu, organ sensor Anda juga bekerja lebih baik. Saraf-saraf yang tadinya terganggu akibat merokok lama kelamaan akan kembali normal sehingga kemampuan Anda membaui, merasakan dan menyentuh akan membaik.

2. Mengurangi risiko masalah kesehatan

Merokok dapat memperpendek usia dan menyebabkan berbagai jenis penyakit berbahaya seperti serangan jantung, kanker paru-paru, kanker tenggorokan, kanker mulut, stroke dan sebagainya. Saat Anda berhenti merokok, risiko terserang penyakit-penyakit tersebut turun hingga 50 persen. Selain itu, kesehatan oral Anda juga semakin lama akan semakin membaik.

3. Memperbaiki peredaran oksigen dalam tubuh

Ketika Anda berhenti merokok, kadar karbon monoksida akan menurun. Hal ini menyebabkan meningkatnya kadar hemoglobin dalam tubuh yang bermanfaat pada peredaran oksiden ke seluruh tubuh menjadi lebih efisien.

4. Menguatkan sistem imun

Setelah berhenti merokok, sistem imun atau kekebalan tubuh Anda akan kembali kuat seperti sebelum Anda merokok. Hal ini tentu saja akan mengurangi risiko Anda terserang penyakit-penyakit menular seperti flu dan batuk.

5. Awet muda

Sirkulasi oksigen dalam tubuh yang meningkat karena berhenti merokok akan membuat tubuh tidak cepat lelah dan lebih berenergi. Hal ini akan membuat Anda lebih mudah menjalani aktivitas sehari-hari.

Merokok juga membuat penampilan Anda buruk dan terlihat tua, seperi bibir dan gigi yang menghitam, serta kulit yang penuh kerutan. Berhenti merokok tak hanya akan membuat tubuh lebih berenergi, Anda juga akan terlihat segar dan sehat. (eh)

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found