China Borong Pesawat Tempur dan Kapal Selam Rusia

Pesawat tempur Sukhoi SU-35
Sumber :
  • Wikipedia/Dmitry Avdeev
VIVAnews -
6 Lokasi Camping Populer di Luar Negeri, Ayo Kunjungi!
Pemerintah China memborong puluhan pesawat tempur dan kapal selam dari Rusia. Ini adalah pembelian perangkat militer terbesar China atas Rusia dalam satu dekade terakhir.

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

Diberitakan
Pakai Uang Palsu Beli Narkoba dan Punya Senpi Rakitan, Pecatan TNI AL di Lampung Ditangkap
BBC , Senin 25 Maret 2013, kesepakatan pembelian ini ditandatangani sebelum kunjungan Presiden China Xi Jinping ke Moskow akhir pekan lalu. Kantor berita China
CCTV
mengatakan, sebanyak 24 pesawat tempur Sukhoi SU-35 dan empat kapal selam Lada telah disepakati pembeliannya.


Tidak disebutkan berapa nilai pembelian tersebut. Namun, jumlah ini lebih kecil dari permintaan China sebelumnya yaitu 48 pesawat SU-35 senilai US$4 miliar (Rp38,9 triliun). Sebagai salah satu syarat pembelian, Rusia meminta jaminan dari China soal perlindungan hak cipta teknologi pesawat tersebut.


Seluruh pesawat Su-35 akan diproduksi di Rusia. Sedangkan dua dari kapal selam Lada akan di produksi di China. "Jet tempur Su-35 bisa mengurangi tekanan di angkatan udara China sebelum jet tempur buatan dalam negeri beroperasi," tulis laman
Xinhua
.


Sukhoi SU-35 adalah pesawat kursi tunggal super manuver dan akrobatik. Angkatan udara Rusia adalah satu-satunya yang menggunakan pesawat ini. Di udara, pesawat buatan Sukhoi dan Komsomolsk Aircraft Production Association ini bisa mencapai kecepatan Mach 2,25, lebih cepat ketimbang jet F-16 Amerika Serikat yang berkecepatan Mach 2.


Pembelian ini adalah transaksi militer terbesar China dari Rusia dalam 10 tahun terakhir. Anggaran militer China naik 11,2 persen pada 2012 menjadi lebih dari US$100 miliar. Angka ini adalah angka resmi, sementara angka tidak resmi diperkirakan dua kali lipat lebih besar.


Pembelian ini juga bukti semakin eratnya hubungan kedua negara. Walaupun di masa lalu berseteru, namun Rusia dan China sekarang bersekutu dalam beberapa isu di antaranya soal Suriah dan upaya mereka menyaingi pengaruh AS di Asia. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya