Indonesia 100 Persen Dukung Timor Leste Masuk ASEAN

Michael Tene, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri
Sumber :
  • Antara/ Fanny Octavianus
VIVAnews -
Prediksi Serie A: Cagliari vs Juventus
Upaya Timor Leste untuk bergabung di ASEAN masih belum diloloskan oleh beberapa negara anggota. Indonesia sendiri melalui Kementerian Luar Negerinya menyatakan mendukung penuh negara tersebut masuk ke jajaran asosiasi negara-negara Asia Tenggara.

9 Deretan Patung Yesus Kristus Tertinggi di Dunia, Indonesia Menempati Posisi Pertama

"Indonesia mendukung 100 persen Timor Leste masuk menjadi anggota baru ASEAN. Saya rasa sikap dan pernyataan ini telah kami tegaskan berkali-kali," ungkap Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Michael Tene, Jumat 22 Maret 2013.
Tim Hukum Prabowo Sebut Amicus Curiae MK Bentuk Intervensi Peradilan


Tene menjelaskan walaupun Indonesia memberikan dukungan penuh kepada Timor Leste, hal itu tidak serta merta membuat negara pimpinan Presiden Taur Matan Ruak itu otomatis diterima menjadi anggota ASEAN.


"Keanggotaan ASEAN kan tidak hanya diputuskan oleh satu negara saja. Saat ini masih berkembang proses permohonan Timor Leste karena masih harus melihat beberapa hal," ujarnya.


Permohonan bergabung dengan ASEAN telah disampaikan Timor Leste sejak beberapa tahun lalu. Namun, permohonan ini terganjal restu dari beberapa negara yang menyatakan Timor Leste belum siap menjadi bagian dari Komunitas ASEAN 2015.


Niat Timor Leste untuk segera menjadi bagian dari anggota negara kawasan Asia Tenggara kembali disampaikan Perdana Menteri Xanana Gusmao ketika bertemu Presiden SBY pada Rabu lalu di Istana Merdeka.


Menlu Marty Natalegawa yang ikut menemani Presiden SBY menerima kunjungan itu, menyebut proses permintaan Timor Leste masuk sebagai anggota baru ASEAN tengah mencapai tahap konsesus. Menlu Marty juga menyebut akan bertolak ke Singapura pada Kamis depan untuk membahas hal ini. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya