Australia-AS Bantu Akses Air Bersih di Indonesia

keran air
Sumber :
VIVAnews -
Suzuki GSX-S950 Akhirnya dapat Baju Baru, tapi Harganya Bikin Geleng-geleng Kepala
Pemerintah Australia dan Amerika Serikat (AS) melalui masing-masing badan internasional pembangunan mereka yaitu AusAID dan USAID bekerja sama membantu penyediaan fasilitas air bersih bagi rakyat Indonesia. Dalam kemitraan tahap kedua ini, kedua negara menargetkan menyediakan air bersih bagi 1,4 juta orang Indonesia.

Liverpool Dibantai Atalanta di Kandang Sendiri, Van Dijk: Sakitnya Tuh di Sini

Hal ini diungkapkan melalui rilis yang dikirim AusAID pada
Prabowo Silaturahmi ke SBY di Cikeas, Demokrat: Pertemuan Konstruktif 2 Negarawan
VIVAnews , Kamis 21 Maret 2013. Untuk merealisasikan hal itu, kedua negara menyumbang senilai US$95 juta atau Rp924 miliar yang terdiri dari US$85 juta (Rp826 miliar) diberikan oleh Pemerintah Australia sementara sisanya US$10 juta (Rp94 miliar) diberikan oleh AS.


Program kemitraan ini memiliki misi untuk menyediakan air bersih kepada lebih dari 285.000 rumah tangga berpendapatan rendah di 13 provinsi Indonesia. Selain itu kedua negara juga menargetkan pembangunan fasilitas pembuangan limbah rumah tangga bagi 9.000 keluarga dalam dua tahun ke depan.


Untuk merealisasikan hal itu, pada hari ini diadakan pertemuan di Jakarta yang dihadiri pihak AusAID, USAID, pemerintah dan perusahaan penyedia air minum setempat. "Pemerintah Australia mendukung program hibah air bersih dan sanitasi karena semua orang merasakan manfaatnya," ujar pejabat sementara pimpinan AusAID Indonesia, Mat Kimberley.


Kimberley berharap dengan tersedianya fasilitas air bersih, keluarga miskin di Indonesia tidak lagi harus membeli atau mencari air bersih dengan berjalan jauh.


Hal senada diungkapkan oleh Direktur Misi USAID, Andrew Sisson. Menurutnya semua orang menyadari bahwa air merupakan kebutuhan dasar umat manusia, namun tidak semua orang punya akses ke fasilitas itu.


Sebelumnya program serupa pernah dilaksanakan di tahun 2011 dan menuai sukses. Berkat program tersebut, 77.000 rumah di Indonesia yang akhirnya mendapat akses air bersih dan 5.000 rumah mendapat fasilitas pembuangan rumah tangga.


Pemerintah berharap program ini dapat mengurangi setengah dari jumlah orang yang hidup tanpa air bersih dan sanitasi dasar pada tahun 2015 di Indonesia. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya