Paus Fransiskus I Paksa Bayar Sendiri Tagihan Hotel

paus fransiskus I terpilih
Sumber :
  • REUTERS/Paul Hanna
VIVAnews -
IP Podcast Meriahkan Hari KI Sedunia Tahun 2024 di 33 Provinsi
Ada satu peristiwa unik yang terjadi pada Jorge Mario Bergoglio, setelah dia terpilih sebagai pemimpin bagi 1,2 miliar umat Katolik dunia. Paus baru terpilih yang bergelar Fransiskus I itu terlihat mampir ke hotel tempatnya menginap selama prosesi sidang konklaf berlangsung.

Produksi Tembakau Sintetis, Remaja di Tangerang Ditangkap Polisi

Dilansir laman
Orang Tua Pratama Arhan Langsung Sholat Dhuha dan Doakan Indonesia ke Final
Time , Kamis 14 Maret 2013, Bergoglio meminta sopir pribadinya untuk memutar kembali arah mobil menuju ke Domus Internationalis Paulus VI. Di sana dia terlihat menyapa para staf asrama dan membayar tagihan menginap yang belum dibayarnya.


Tidak diketahui dengan jelas berapa total tagihan menginap yang dibayarkan oleh Bergoglio, namun menurut informasi yang diperoleh Time, tarif menginap per malam di hotel tersebut sebesar 85 Euro atau Rp1,1 juta.


Vatikan pun membenarkan hal tersebut. Melalui juru bicaranya selain membayar tagihan hotel, Bergoglio juga mengambil semua barang bawaan yang dia tinggalkan di tempatnya menginap itu.


"Paus mampir ke hotel itu karena ingin mengambil tas dan barang bawaannya. Dia meninggalkannya di sana selama prosesi konklaf kemarin. Setelah itu Paus menyapa semua tamu dan petugas hotel, lalu memutuskan untuk membayar tagihannya," ungkap juru bicara Vatikan dalam jumpa wartawan seperti dikutip
Reuters
, Kamis 14 Maret 2013.


Masih menurut juru bicara Vatikan, Bergoglio memaksa untuk membayar sendiri tagihan hotelnya karena dia ingin memberikan contoh baik mengenai apa yang sebaiknya dilakukan oleh seorang pemimpin agama.


Pawel Rytel-Andrianik, salah satu rekan Bergoglio yang tinggal di asrama di Roma, mengaku terkejut mengetahui peristiwa ini. Kepada
Reuters
dia berpendapat, Bergoglio seharusnya tidak perlu mengkhawatirkan hal itu.


"Hotel itu merupakan bagian properti milik gereja Vatikan. Dan saat ini dia lah yang memimpin gereja," ungkapnya.


Bergoglio memang dikenal memiliki reputasi sebagai kardinal yang hidup dalam kesederhanaan. Di Argentina, dia tinggal di sebuah apartemen kecil dan memilih menggunakan tranportasi umum untuk beraktivitas ketimbang menggunakan mobil limusin miliknya.


Rytel-Andrianik pun sepakat dengan pandangan tersebut. Di matanya, Bergoglio terlihat seperti pastor pada umumnya.


"Ketika kami makan bersama, Anda tidak akan menyadari bahwa dia seorang kardinal kecuali Anda telah mengenalnya. Dia terlihat seperti pastor lainnya. Paus Fransiskus pun tidak pernah meminta mobil walaupun dia bisa melakukan itu. Dia memilih untuk berjalan kaki atau menggunakan bus umum," tutur Rytel-Andrianik kagum.  (sj)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya