Laporan dari Australia:

Juri MasterChef: Indonesia Jangan Ragu Jualan Makanan Pedas

George Calombaris juri MasterChef dan Junior MasterChef
Sumber :

VIVAnews - Ahli kuliner dan pengusaha Indonesia harus berani mempopulerkan makanan tradisional di mancanegara. Walaupun rata-rata panas dan pedas (hot and spicy) pasti akan mengundang daya tarik tersendiri.

Demikian menurut juri MasterChef dan Junior MasterChef Australia, George Calombaris. Selain menjadi juri kondang, Calombaris juga dikenal memiliki tujuh restoran di Kota Melbourne, Australia.

"Saya suka dengan fakta bahwa masakan Indonesia kaya akan rempah-rempah. Memang ada yang terkesan panas dan pedas, tapi itulah ciri-ciri masakan dari suatu negara yang beragam budaya. Dan saya suka dengan masakan yang kaya rempah-rempah," kata Calombaris dalam bincang-bincang dengan VIVAnews di restoran utamanya, The Press Club, hari ini di Kota Melbourne.

Calombaris pun yakin bahwa masakan Indonesia bisa laku di Australia. "Terutama di Melbourne. Kota yang dikenal paling beragam budaya se-Australia. Restoran dari mancanegara pun laku di sini. Ada masakan India, China, Italia, Korea, Jepang dan lain-lain. Jadi sangat mengglobal. Warga di sini suka mencoba hidangan dari berbagai budaya," kata Calombaris.

Dia menyarakan agar jangan segan-segan membuka bisnis restoran dengan hidangan dari Indonesia di Australia. "Orang-orang di sini suka juga kok masakan pedas. Masakan panas dan pedas itu sebenarnya seperti musik. Kalau rasanya terlalu 'kuat' (kepedasan) kurangi saja kadarnya, buat hingga ke tingkat yang membuat banyak orang suka," lanjut Calombaris.

Penyesuaian, itulah yang menjadi salah satu kunci sukses restoran-restoran yang dia kelola. Menurut dia, bukan hanya berani mencoba namun juga berani menyesuaikan situasi. "Kuncinya adalah bagaimana memahami lingkungan dan cara hidup masyarakat sekitar yang menjadi pelanggan. Dari situ kita bisa lakukan penyesuaian," kata Calombaris.    

Selain tujuh restoran di Melbourne, ahli kuliner Australia itu juga memiliki sebuah restoran di Yunani. Restoran utamanya, yaitu The Press Club, dianugerahi "Best New Restauran 2008" oleh The Age Good Food Guide. Calombaris sendiri, pada tahun yang sama juga bergelar "Chef of The Year." Menurut laman masterchef.com, Calombaris juga termasuk sebagai "Top 40 Chefs of Influence in the World" oleh majalah Global Food and Wine. (eh)

Profil Sandra Dewi, Artis Cantik yang Suaminya Terjerat Kasus Korupsi
Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Kubu 03 Bantah Pemilu Ulang Hambat Pelantikan Presiden Terpilih: Alasan Mengada-ada

Kubu 03 Ganjar-Mahfud menyampaikan argumen Pilpres 2024 sudah disiapkan skenario dua putaran. Maka itu, tak ada masalah dengan pemilu ulang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024