Raksasa Media AS Tribune Akan Jual Seluruh Korannya

Koran Los Angeles Times
Sumber :
  • Reuters
VIVAnews -
Nikita Mirzani Nilai Kelakuan Lolly Semakin Memperburuk Keadaan
Raksasa media Amerika Serikat,
Tribune
Beredar Foto Sempat Bertemu PM Israel Netanyahu, Gus Yahya: Pertemuan Diplomatik
, berniat menjual seluruh asetnya yang terdiri dari harian-harian terkemuka dan beberapa tabloid. Pihak Tribune mengatakan, mereka menjualnya dalam satu kali transaksi kepada seorang pembeli tunggal.
Tangan Diborgol, Pengemudi Fortuner Arogan Ngaku Adik Jenderal Tertunduk Lesu di Kantor Polisi

Sebelumnya pekan lalu, Los Angeles Times
menuliskan bahwa Tribune Co. telah menyewa dua perusahaan investasi untuk berkonsultasi soal penjualan harian dan media cetak lainnya. JPMorgan Chase & Co. dan Evercore Partner disewa untuk menentukan apakah Tribune harus menjual media-media mereka dan berapa nilainya.


"Ada banyak kepentingan di koran-koran kami, yang belum kami selesaikan. Menyewa konsultan dari luar akan membantu kami menentukan apakah kepentingan-kepentingan ini kredibel, memberikan kami waktu untuk memikirkan pilihan kami, dan memenuhi kewajiban kami pada pemilik saham dan pegawai," kata Gary Weitman, juru bicara Tribune.


Tribune Co. adalah perusahaan multimedia terbesar di Amerika Serikat yang berbasis di Chicago, Illinois. Untuk penerbitan koran, perusahaan ini menempati posisi terbesar kedua di AS. Di antara koran-korannya yang terkenal adalah
Chicago Tribune, Los Angeles Times, Hartford Courant, Orlando Sentinel, South Florida Sun-Sentinel, Baltimore Sun, Daily Press
dan
The Morning Call.

Menurut seorang sumber di Tribune, perusahaan ini memiliki posisi keuangan yang sehat dan tidak punya masalah keuangan apapun, pasca lolos dari kebangkrutan akhir 2012 lalu. Ada spekulasi, penjualan dilakukan oleh Tribune lantaran perusahaan ini ingin fokus di bidang televisi.


Cari Pembeli Tunggal


Sumber lainnya yang tidak ingin disebutkan namanya kepada
Bloomberg,
Selasa 5 Maret 2013, mengatakan bahwa Tribune mencari pembeli tunggal yang ingin membeli seluruh hariannya dalam satu transaksi.


Walaupun penawaran belum dibuka, namun beberapa perusahaan telah menyatakan minatnya. Freedom Communications Inc, adalah pembeli potensial untuk penjualan tunggal. Perusahaan pemilik harian
Orange County Register
dan koran lainnya di California dan Arizona ini melihat ada keuntungan besar jika membeli media-media Tribune, seperti disampaikan oleh CEO-nya Aaron Kushner.


Namun, banyak juga perusahaan media yang ingin membeli media-media Tribune secara "ketengan". Di antaranya adalah Rupert Murdoch, bos News Corp ini mengatakan hanya ingin membeli Los Angeles Times. Sementara Wrapport LLC, penerbit
Chicago Sun-Times
, hanya tertarik membeli Chicago Tribune.


Sumber yang tidak ingin disebutkan namanya ini juga mengatakan bahwa Warren Buffett berencana membeli The Morning Call, koran beromset terkecil dibanding koran-koran Tribune lainnya.


Nilai Tribune berdasarkan dokumen pailit tahun 2008 mencapai US$623 juta atau setara Rp6 triliun. Tribune lolos dari kebangkrutan pada akhir 2012 lalu dan mempekerjakan Peter Liguori, mantan Presiden Fox, sebagai CEO pada Januari tahun ini. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya