Mesin Rusak, Pentagon Hentikan Seluruh Operasi Jet F-35

Pesawat F-35 milik angkatan udara Amerika Serikat
Sumber :
  • REUTERS/Lockheed Martin/Handout
VIVAnews -
Bikin Silau, Harga Emas Antam Kembali Tembus Rekor Tertinggi
Kementerian Pertahanan Amerika Serikat menangguhkan operasi seluruh pesawat jet tempur F-35. Keputusan ini diambil Pentagon setelah ditemukan adanya retakan pada pisau turbin di mesin pesawat.

Persebaya Bertekad Bangkit Lawan Persib

Diberitakan
Beri Minuman Bekas ke Sus Rini, Perilaku Manner Nagita Slavina Jadi Sorotan
Guardian , Sabtu 23 Februari 2013, kerusakan ini ditemukan pada pemeriksaan rutin di Pangkalan Udara Edwards di California terhadap sebuah pesawat F-35A, versi ramping F-35. Rencananya, pesawat jenis ini akan menggantikan pesawat lain F-16 dan F/A-18.


Akibatnya, operasi sebanyak 51 pesawat F-35 ditangguhkan untuk dilakukannya pemeriksaan mendalam pada mesin. Pentagon mengatakan bahwa masih terlalu dini untuk menentukan dampak dari kerusakan tersebut pada angkatan udara AS.


Pentagon mengatakan akan bekerja sama dengan Pratt & Whitney, unit kerja United Technologies Corp yang membuat mesin pesawat tersebut, dan Lockheed Martin Corp, sebagai perusahaan pembuat radar penghindar musuh pada pesawat itu.


Penangguhan operasi pesawat ini akan terus diberlakukan sampai penyelidikan berhasil menemukan akar kerusakan mesin.


F-35 adalah pesawat paling mahal di Pentagon dengan nilai mencapai US$400 miliar. Di masa depan, Pentagon berencana menambah jumlah pesawat ini hingga 2.400 unit. Namun, Kongres AS belum menyetujuinya karena harganya yang terlalu mahal. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya