Untuk Banjir Indonesia, Belanda Hibahkan Rp153 M per Tahun

Banjir Bundaran HI Mulai Surut
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Pemerintah Belanda berkomitmen untuk ikut membantu mengatasi banjir yang rutin mendera Indonesia. Komitmen ini diwujudkan dalam bentuk hibah yang jumlahnya mencapai ratusan miliar rupiah setiap tahunnya selama empat tahun.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Belanda Frans Timmermans dalam kunjungannya ke Jakarta, Kamis 21 Februari 2013. Kepada awak media, Timmermans mengatakan bahwa debit air di Indonesia, khususnya Jakarta, naik 10-15 cm per tahunnya. Kondisi ini menurutnya sangat memprihatinkan.

Dia mengatakan untuk membantu Indonesia dalam mengatasi masalah ini, pemerintah Belanda telah memberikan bantuan hibah sebesar 12 juta euro atau sekitar Rp153 miliar setiap tahunnya.

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Jangan Lupa Pasang CCTV

Selain memberikan hibah, Belanda siap mengirimkan tim ahlinya untuk berbagi pengalaman soal tata kelola air. "Untuk mengatasi banjir, kami punya banyak ahli. Masalah ini telah kami hadapi sejak ratusan tahun lalu," kata dia.

Pejabat urusan politik Kedutaan Besar Belanda di Jakarta, Maarten Boef, mengatakan bahwa dana hibah tersebut telah diberikan sejak tahun 2012 dan akan berakhir pada tahun 2015.

"Dana ini digunakan untuk tata kelola air di Indonesia, tapi Jakarta menjadi prioritas kami," kata Boef saat dihubungi VIVAnews lewat telepon.

Dalam kunjungannya ke Indonesia, Timmermans bertemu koleganya Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa. Kedua negara sepakat untuk meningkatkan kerja sama di berbagai bidang. Tiga bidang utama yang tengah dibidik Belanda adalah tata kelola air, pertanian dan perencanaan kota. (kd)

Pimpinan Golkar di Daerah Minta Airlangga Dipilih secara Aklamasi di Munas, Menurut Sekjen
Tyas Mirasih.

Sambil Menangis, Tyas Mirasih Ungkap Kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Sambil menangis haru, Tyas Mirasih mengungkap kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina langsung di hadapan Raffi di sebuah acara.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024