Menlu Belanda: Kami Tak Ingin Dilupakan Indonesia

Menlu Belanda, Frans Timmermans dan Marty Natalegawa
Sumber :
VIVAnews -
Golkar: Kabinet Tidak Boleh Dibatasi karena Prerogatif Presiden
Menteri Luar Negeri Belanda Frans Timmermans menyambangi Indonesia dalam dua hari terakhir ini. Selain menjajaki peluang kerja sama, kunjungannya kali ini juga mengingatkan Belanda masih menjadi negara sahabat Indonesia.

Kemenko Polhukam Susun Rencana Bangun Sistem Pertahanan Semesta di IKN

Ditemui di Jakarta, Kamis 21 Februari 2013, Timmermans mengatakan Indonesia saat ini telah menjadi negara dengan perkembangan sangat pesat. Peran Indonesia di organisasi internasional juga kian penting. Diantaranya sekarang negara ini sedang menjadi ketua APEC, dan pernah sukses memimpin ASEAN.
4 Pelaku Terorisme Moskow Ternyata di Bawah Pengaruh Obat-Obatan Terlarang


Karena hal ini jugalah akhirnya banyak negara berbondong-bondong mencari peluang di Indonesia. Timmermans mengatakan, Belanda tak ingin ketinggalan dalam meraih kesempatan itu.


"Indonesia bergerak sangat cepat dan punya banyak sekali negara mitra. Kami tidak ingin dilupakan," kata Timmermans.


Karena itulah, dalam kunjungannya kali ini, Belanda ingin meningkatkan kembali hubungan kedua negara. Hari ini, berbagai rencana kerja sama telah diteken antara Timmermans dengan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa.


Di antara yang menjadi sektor kerja sama kunci, jelas Timmermans, adalah manajemen banjir, pertanian dan perencanaan kota. Dia mengatakan, Belanda siap melakukan konsultasi dan mengirimkan para ahlinya ke Indonesia untuk berbagi pengalaman.


"Untuk mengatasi banjir, kami punya banyak ahli. Masalah ini telah kami hadapi sejak ratusan tahun lalu," ujarnya.


Kemajuan Indonesia tidak hanya dilirik oleh Belanda. Beberapa negara sebelumnya juga telah menawarkan kerja sama dan bantuan. Timmermans mengatakan Belanda tidak takut pada persaingan karena memiliki teknologi dan ahli yang terbaik di bidangnya.


"Teknologi kami memang bukan yang termurah, tapi yang terbaik di antara semua," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya