Tahun Ini Belanda Kirim Banyak Pejabat ke Indonesia

Wakil Gubernur DKI Jakarta terima kunjungan Menlu Belanda
Sumber :
  • ANTARA/Wahyu Putro

VIVAnews - Pemerintah Belanda tahun ini bertekad lebih aktif untuk meningkatkan kerjasama dengan Indonesia. Maka, Belanda akan lebih sering mengutus para pejabat tinggi dan pengusaha untuk berkunjung ke negeri ini.

Demikian ungkap Menteri Luar Negeri Belanda Frans Timmermans dalam kunjungan selama dua hari ke Jakarta, 20-21 Februari 2013. Menlu Timmermans memulai jadwal kunjungannya dengan bertamu ke Balai Kota DKI Jakarta menemui Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama untuk membicarakan sejumlah isu, seperti penanganan banjir dan pemugaran Kota Tua.

"Indonesia merupakan kekuatan ekonomi yang tumbuh semakin kuat dan mengarah terutama pada Asia, Amerika Serikat dan Australia. Kami mempunyai ikatan historis yang kuat dengan Indonesia, tetapi hubungan ini tidak terjadi dengan sendirinya," ujar Menlu Timmermans dalam keterangan tertulis yang disampaikan Kedutaan Besar Belanda kepada VIVAnews hari ini. 

"Oleh karena itu, kami melakukan investasi pada kontak pribadi, baik di bidang politik maupun ekonomi dan budaya. Karena banyak yang dapat saling ditawarkan oleh Indonesia dan Belanda," lanjut dia.

Timmermans mengingatkan bahwa Belanda adalah mitra dagang kedua terbesar bagi Indonesia di kawasan Uni Eropa. Volume dagang timbal balik pada tahun 2012 mengalami kenaikan lebih dari 20 persen.

Arus Mobil saat Mudik 2024 Meningkat, Astra Infra Siapkan Hal Ini

"Dengan pelabuhan Rotterdam dan Schiphol, Belanda ingin tetap menjadi gerbang ke Uni Eropa bagi Indonesia. Perusahaan Belanda juga melakukan investasi besar di Indonesia," kata Timmermans. 

Dia juga mengungkapkan bahwa tahun ini akan lebih banyak lagi menteri Belanda yang berkunjung ke Indonesia. "Pada akhir tahun ini, Perdana Menteri Mark Rutte akan mengadakan kunjungan ke Indonesia, kemungkinan dengan sebuah delegasi perdagangan," kata Timmermans. 

Hari ini Timmermans bertemu dengan Wakil-Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, antara lain untuk membahas tentang masalah banjir di Jakarta. Belanda memberikan saran kepada Indonesia dengan penanganan banjir sejak 2007.

"Ini merupakan pekerjaan yang luar biasa besar dimana perusahaan Belanda berperan penting, di samping pemerintah dan lembaga ahli Belanda. Tidak ada negara yang bisa melakukannya lebih baik daripada Belanda," kata Timmermans. 

Di pusat kebudayaan Belanda, Erasmus Huis, Timmermans akan bertemu dangan warga Indonesia yang pernah belajar di Belanda. Saat ini terhitung lebih dari 1.200 orang Indonesia yang belajar di Belanda dan ada sekitar 250 bentuk jalinan kerja sama antara lembaga-lembaga ahli dan pendidikan Belanda dengan mitra mereka di Indonesia.

Pada hari Kamis, Timmermans antara lain akan mengadakan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Indonesia, Marty Natalegawa.

Kegiatan kelompok usaha PT Bumi Resources Tbk.

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023

PT Bumi Resources Tbk (BUMI) mencatatkan pendapatan secara konsolidasian mencapai US$6,57 miliar di sepanjang tahun 2023. Tercatat, bahwa pendapatan BUMI berdasarkan PSAK

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024