80 Saksi Dihadirkan pada Sidang Perkosaan di India

Demonstrasi anti perkosaan di New Delhi, India
Sumber :
  • REUTERS/Adnan Abidi

VIVAnews - Pengadilan khusus jalur cepat tindak pemerkosaan terhadap mahasiswa fakultas kedokteran di India untuk kali pertama diselenggarakan hari Selasa ini. Kelima pelaku dan 80 saksi dihadirkan dalam pengadilan yang diselenggarakan secara tertutup tersebut.

Kelima pelaku bersikeras mengaku tidak bersalah. Namun jika pengadilan berhasil membuktikan sebaliknya, maka hukuman mati siap menanti mereka. Sementara pelaku keenam disidang melalui pengadilan remaja karena dianggap masih di bawah umur.

Seperti dilansir BBC, Selasa 5 Februari 2013, identitas kelima pelaku tersebut diketahui bernama Ram Singh dan saudara laki-lakinya, Mukesh, Pawan Gupta, Vinay Sharma dan Akshay Thakur. Mereka menghadapi 13 dakwaan yang diberikan oleh jaksa penuntut, termasuk di antaranya pembunuhan, pemerkosaan beramai-ramai, penculikan dan penghancuran barang bukti.

Jaksa mengatakan walaupun kelima pelaku menyangkal tindakan bejat yang telah mereka lakukan, namun pihaknya memiliki bukti forensik yang cukup kuat yang terdiri rekaman percakapan melalui telepon seluler dan kesaksian dari korban serta rekan prianya.

Rekan pria korban yang juga menjadi saksi kunci turut dihadirkan jaksa penuntut. Dia tiba di pengadilan dengan menggunakan kursi roda karena belum dapat berjalan dengan baik karena luka yang dideritanya akibat diserang pelaku. Demi keamanan saksi kunci ini, identitasnya disembunyikan oleh pihak berwenang.

Sementara pengacara tersangka mengatakan bukti forensik yang dimiliki jaksa merupakan hasil rekayasa sehingga hasil sidang tidak membuktikan pelaku yang sesungguhnya.

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia

Pengadilan jalur cepat ini merupakan tindak lanjut dari dukungan Presiden India, Pranab Mukherjee yang telah menyetujui hukum baru anti-tindak pemerkosaan dan ditanda tangani hari Minggu lalu.

Dalam hukum baru itu menyebut pelaku tindak pemerkosaan beramai-ramai akan . Namun hukum baru ini ditentang oleh sekelompok wanita yang menuntut tindak pemerkosaan dalam hubungan pernikahan dan penyerangan seksual yang dilakukan pihak keamanan India di area konflik turut dimasukkan ke dalam hukum baru tersebut. (sj)

Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024