4-2-2004: Facebook Lahir

CEO Facebook Mark Zuckerberg dan PM Rusia Dmitry Medvedev
Sumber :
  • Reuters/Ekaterina Shtukina/RIA Novosti/Pool

VIVAnews – Tepat sembilan tahun lalu, laman jejaring sosial Facebook diluncurkan. Facebook diciptakan oleh seorang mahasiswa Universitas Harvard, AS, Mark Zuckerberg, yang telah menjadi salah satu miliarder dunia.

Kini, Facebook merupakan laman media sosial terpopuler di dunia. Menurut kantor berita Reuters, sejak September 2012, laman itu menampung lebih dari satu miliar akun di berbagai negara.

Daftar Harga Motor Vespa per Maret 2024

Facebook memiliki pertumbuhan jumlah pengguna yang mengagumkan. Dari kamar asrama yang dihuni Zuckerberg di Harvard, Facebook cukup perlu tiga tahun untuk menghimpun 50 juta pengguna.

Pada 2010, jumlah pengguna berdasarkan akun di Facebook sudah mencapai angka 500 juta. Dua tahun kemudian, sudah lebih dari satu miliar.

Thailand Prime Minister Welcomes Albino Buffalo to Government House

Facebook, yang awalnya bernama The Facebook, merupakan situs jejaring sosial yang menghubungkan orang-orang yang memiliki kesamaan minat, hobi, kota, kantor, sekolah, dan sebagainya.

Anggota Facebook dapat menambah teman, berkirim pesan, serta memperbaharui profil mereka. Facebook mengambil inspirasi dari publikasi facebooks yang dibagikan sejumlah perguruan tinggi di Amerika Serikat kepada siswa atau staf baru mereka sebagai cara untuk memperkenalkan orang-orang yang ada di lingkungan kampus.

Awalnya, keanggotaan Facebook terbatas hanya bagi mahasiswa Harvard, namun kemudian berkembang hingga mencakup wilayah Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Belakangan, Facebook juga membuka keanggotaan bagi mahasiswa dari perguruan tinggi lain, siswa sekolah menengah, dan terakhir, siapapun yang berusia di atas 13 tahun.

Facebook memperoleh investasi pertamanya dari pendiri PayPal, Peter Thiel, senilai US$500.000 pada bulan Juni 2004. Setahun kemudian, perusahaan investasi Accel Partners dan Geylock Partners menanamkan modal sebesar US$ 12,7 juta dan US$ 27,5 juta untuk Facebook.

Dengan uang tersebut, pada tahun yang sama, Mark membeli domain facebook.com seharga US$200.000. Sejak saat itu, Facebook tampil sebagai situs jejaring sosial terkemuka di dunia dengan memiliki lebih dari 150 juta pengguna aktif.

Meskipun hingga tahun 2005 Facebook masih membukukan kerugian hingga US$3,63 juta, berbagai perusahanan raksasa terus mengincar saham perusahaan tersebut. Pada 24 Oktober 2007, Microsoft membeli 1,6 persen saham Facebook senilai US$240 juta.

Sebulan kemudian, miliuner Hongkong, Li Ka-shing menginvestasikan dana US$60 juta untuk Facebook. Menurut laporan BusinessWeek, total valuasi Facebook pada tahun 2008 mencapai US$5 miliar.

Calon Anggota Legislatif DPR RI dari Partai Demokrat, Fathi

Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I

Partai Demokrat berhasil meraih satu kursi DPR RI dari Daerah Pemilihan Jawa Barat I (Jawa Barat), Kota Bandung dan Cimahi periode 2024-2029. Sebab, partai yang diketuai

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024