Pejabat Politbiro China Terganjal Kasus Korupsi

Parade Partai Komunis China
Sumber :
  • REUTERS / Jason Lee

VIVAnews - Untuk pertama kalinya sejak 18 tahun lalu, seorang anggota jajaran tertinggi Partai komunis China atau politbiro terganjal kasus korupsi. Belum didakwa, baru diperiksa, pejabat tinggi ini sudah dilarikan ke rumah sakit akibat stress.

Diberitakan Reuters, Minggu 27 Januari 2013, pejabat tersebut adalah Li Jianguo, 67 tahun, salah satu dari 25 politburo Partai Komunis. Dia juga menjabat wakil ketua Kongres Rakyat China (NPC), dewan legislatif Tiongkok.

Belum disebutkan kasus korupsi apa yang melibatkan Li. Saat ini, kasus tersebut masih dalam proses pemeriksaan. Majalah Ming Pao di Hong Kong melaporkan bahwa Li dilarikan ke rumah sakit militer di Beijing setelah mengalami stress psikologis karena tidak tahan diinvestigasi.

Jika terbukti terlibat dan didakwa, maka Li akan menjadi pejabat tertinggi China yang tersangkut kasus korupsi, sejak tahun 1995. Sebelum itu, ada empat politburo yang didakwa korupsi.

Nama Li tidak asing lagi di dunia politik China. Sebelumnya tahun 1990an, dia pernah menjadi sekretaris pribadi Li Ruihuan, pejabat tinggi Partai Komunis. Li juga punya pengaruh di Liga Pemuda Komunis, organisasi yang berhasil mendongkrak popularitas Hu Jintao untuk menjadi presiden.

Pemberantasan korupsi adalah salah satu agenda utama pemerintahan Xi Jinping. Dia pernah mengatakan, "pemberantasan korupsi harus dilakukan mulai dari kelas 'lalat' hingga kelas 'macan'."

Sejauh ini, beberapa pejabat yang didakwa korupsi berasal dari tingkat provinsi, termasuk di antaranya adalah wakil partai komunis di Provinsi Sichuan, Li Chuncheng.

Fenomenal, 8 Fakta Menarik Buku Habis Gelap Terbitlah Terang
Ilustrasi balap liar.

Balap Liar Maut di Bekasi, Pemotor Cewek Tewas Tertabrak

Viral di media sosial, aksi balap liar di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, atau tepatnya di depan Stadion Patriot Candrabhaga.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024