Iklan IKEA Picu Kemarahan Transgender di Thailand

Iklan IKEA yang membuat transgender Thailand marah
Sumber :
  • Youtube

VIVAnews - Iklan IKEA di Thailand membuat marah sebuah organisasi transgender di negara tersebut. Menurut mereka iklan yang menampilkan seorang waria tersebut telah melanggar hak asasi manusia.

Iklan yang bisa dilihat di Youtube itu menampilkan seorang pria dengan kekasihnya yang cantik nan tinggi semampai. Saat keduanya sedang berbelanja di IKEA, tiba-tiba wanita itu terkejut ketika melihat bantal yang didiskon.

Pria itu kaget. Pasalnya, suara kekasihnya yang feminin tiba-tiba berubah nge-bass seperti lelaki. Diam-diam, pria itu meninggalkan pacarnya yang ternyata seorang "lady boy" atau pria yang berubah menjadi wanita.

Seperti dilansir oleh Reuters, Aliansi Transgender Thailand memprotes iklan yang diberi judul "Liem Aeb" (Lupa Ditutupi) itu sebagai tayangan yang melanggar HAM. Mereka mengatakan, iklan itu memberikan stereotip negatif pada kelompok waria dan menuntut IKEA memberikan penjelasan terkait iklan itu.

Petugas marketing IKEA Thailand yang baru buka pada November 2011 ini mengatakan bahwa mereka telah berbicara dengan kelompok itu melalui telepon.

"IKEA telah berbicara dengan kelompok ini melalui telepon dan percakapannya berlangsung lancar. Sekarang kami sedang merancang surat respon," kata petugas marketing yang enggan disebutkan namanya itu.

Lady boy telah menjadi fenomena tersendiri di Thailand. Walaupun tidak diakui sepenuhnya sebagai seorang wanita, namun kecantikan mereka punya tempat tersendiri di dunia fashion dan hiburan negara tersebut.

Pemred tvOnenews.com, Jurnalis Pertama Indonesia Peraih Six Star World Marathon
Ilustrasi depresi

Memahami Depresi: Mengenali Tanda-Tandanya dan Cara Mencari Bantuan

Depresi adalah gangguan kesehatan mental yang ditandai dengan rasa sedih berkepanjangan dan kehilangan minat terhadap hal-hal yang biasanya kita gemari.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024