Tunda ke AS, PM Baru Jepang akan Sambangi Indonesia

Kabinet Jepang pimpinan PM Shinzo Abe
Sumber :
  • REUTERS/Kim Kyung-Hoon

VIVAnews - Shinzo Abe berencana mengunjungi tiga negara ASEAN, termasuk Indonesia, dalam tur pertama dia sejak kembali menjabat sebagai perdana menteri Jepang pada pertengahan Januari ini. Tidak seperti yang dilakukan para PM Jepang sebelumnya, kunjungan Abe ke Asia Tenggara itu mendahului rencana lawatannya ke Amerika Serikat.

Menurut kantor berita Reuters, kunjungan itu diumumkan hari ini oleh Menteri Kepala Kabinet Jepang, Yoshihide Suga. Selain Indonesia, Abe bakal mengunjungi Vietnam dan Thailand.

"Ini penting untuk memperkuat kerja sama dengan negara-negara ASEAN guna menjamin perdamaian dan kemakmuran di kawasan Asia Pasifik," kata Suga.

Nasdem dan PKS Diskusi Ikut Koalisi atau Oposisi, Surya Paloh: Masih Dikaji, Belum Final

Lawatan ke Asia Tenggara itu merupakan kunjungan perdana Abe ke luar negeri sejak kembali menjadi PM setelah berhasil membawa Partai Liberal Demokrat menang Pemilu lalu. 

Beberapa hari lalu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengucapkan selamat kepada Abe, yang untuk kali kedua kembali menjadi perdana menteri Jepang. Ucapan selamat itu disampaikan SBY melalui sambungan telepon pada 28 Desember 2012.

Staf Khusus Presiden RI bidang Hubungan Internasional, Teuku Faizasyah, mengungkapkan, dalam perbincangan melalui telepon selama kurang lebih 15 menit, SBY juga turut mengundang PM Jepang berkunjung ke Indonesia.

Tunda ke AS

Tur Abe ini menandakan kian berpengaruhnya perekonomian negara-negara di Asia Tenggara. Itu sebabnya, Jepang ingin meningkatkan lagi hubungan ekonomi dengan para tetangganya tersebut.

Menurut Suga, tiga negara ASEAN yang akan dikunjungi PM Abe itu dianggap sebagai penggerak utama bagi pertumbuhan ekonomi di Asia saat ini. Jepang, yang tengah berjuang keras keluar dari resesi untuk kali keempat sejak 2000, harus mempererat hubungan ekonomi dengan para mitra yang tengah menonjol di kawasan.

Pernah Jadi Puteri Indonesia, Angelina Sondakh Ungkap Kenangan dengan Mooryati Soedibyo

Tadinya, Abe ingin AS sebagai tujuan pertamanya dalam lawatan ke luar negeri. Namun, menurut Suga, rencana awal itu tidak terwujud, karena Presiden Barack Obama sedang memiliki jadwal yang ketat. Maka, kantor PM Abe harus menjadwal ulang kunjungan ke Washington DC.

Itu sebabnya, Abe kemudian memilih tiga negara ASEAN sebagai tujuan perdana. Belum ada jadwal spesifik mengenai kunjungan Abe ke Indonesia, Vietnam, dan Thailand itu.

Namun, Suga juga menyatakan bahwa kunjungan Abe ini bukan untuk menyaingi kian besarnya pengaruh China di Asia Tenggara. China dan Jepang belakangan ini kembali bersitegang soal kepemilikan sejumlah pulau di Laut China Timur. (art)

KPU Tangerang Sebut Proses Pendaftaran Pemilukada 2024 Dibuka Mei
Ketua KPU Depok, Willi Sumarlin

Pendaftaran Petugas PPK Dimulai, KPU Depok Akan Rekrut 55 Orang

PPK akan bekerja selama delapan bulan.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024