Jurnalis Sudah Enam Minggu Hilang di Suriah

Pejuang Suriah
Sumber :
  • REUTERS/Goran Tomasevic

VIVAnews - James Foley, seorang jurnalis Amerika telah hilang sejak enam minggu lalu di barat laut Suriah. Keluarga pria berusia 39 tahun itu pun menggelar kampanye publik untuk mencari jurnalis yang juga mengirim berita untuk Agence France-Presse (AFP) itu.

Foley hilang setelah pria bersenjata menculiknya pada 22 November 2012 lalu di Provinsi Idlib. Foley diculik saat berkendara melintas perbatasan Suriah dari Turki, lalu tiba-tiba dihentikan sebuah mobil. Dia dipaksa keluar oleh dua  orang bersenjata dan dia dibawa. Sejak itu, Foley yang resmi bekerja untuk GlobalPost itu tak terdengar lagi kabarnya.

Belum ada kelompok yang menyatakan bertanggung jawab atas aksi ini. Foley merupakan salah satu dari sejumlah jurnalis yang diculik selama 21 bulan pertikaian di Suriah. Sepanjang 2012, ada 28 jurnalis yang tewas di negeri itu, menurut Committee to Protect Journalists.

Pemberontak yang berusaha menggulingkan Presiden Bashar al-Assad telah menahan jurnalis-jurnalis yang diduga mendukung pemerintah. Sementara sebaliknya, milisi pro-Assad juga menahan jurnalis seperti yang terjadi atas tim NBC News.

Foley merupakan koresponden asing berpengalaman luas, yang pernah melaporkan perang di Afghanistan dan Libya. April 2011, dia ditangkap pasukan pemerintah Libya, ditahan selama 44 hari namun akhirnya dikembalikan ke negerinya setelah Muammar Khadafi jatuh.

Pemimpin AFP Emmanuel Hoog juga menyatakan berusaha mencari tahu keberadaan Foley. "Dia seorang jurnalis profesional yang benar-benar netral dalam konflik ini," kata Hoog. "Penculiknya, siapapun mereka, seharusnya membebaskan dia segera."

Berdasarkan laporan Komisioner Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-bangsa, Navi Pillay, sudah 60 ribu orang tewas dalam konflik Suriah ini. Data itu didapatkan dari jumlah yang dilaporkan antara 15 Maret 2011 sampai 30 November 2012. (Reuters)

KSPSI Bakal Bangun Pusdiklat Terbesar di RI, Andi Gani Pede Selesai 1,5 Tahun
Marjose

Kiprah Pemain Muda Berprestasi di Voli Fikri "Marjose" Sampai Tahun 2024

Cabang olahraga bola voli merupakan salah satu cabang olahraga permainan yang makin populer di Indonesia belakangan ini. Apalagi sejak kemunculan Marjose.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024