Dekorasi Natal Cantik dari Ribuan Botol Plastik

Pohon Natal dari botol plastik
Sumber :
  • Stella Marris

VIVAlife- Perayaan Natal selalu identik dengan pohon cemara yang dihias dengan berbagai dekorasi cantik.  Namun bagaimana jadinya, ketika barang-barang yang dianggap tak berharga, seperti botol plastik disulap menjadi dekorasi Natal, mulai dari pohon Natal hingga dekorasi lainnya?

Di Gereja St Stefanus yang terletak di kawasan Cilandak Jakarta, umat Kristiani mencoba menunjukkan kerativitasnya, merngubah botol plastik menjadi pohon Natal. Dekorasi unik  terbuat dari puluhan ribu aneka botol plastik yang dikumpulkan oleh umat Katolik Paroki Gereja St Stefanus, Jakarta Selatan.

"Pohon ini dibuat dari 25 ribu botol plastik dan menghasilkan sembilan pohon Natal dengan berbagai ukuran," kata Timotius Suwarsito, selaku Seksi Dekorasi untuk acara Natal di Gereja St Stefanus, Cilandak, Jakarta, Selasa 25 Desember 2012.

Tak kalah dengan replika pohon cemara, pohon hasil daur ulang ini cukup menarik perhatian umat di gereja. Decak kagum dan senyuman sumringah terukir di wajah mereka. Tak heran jika umat rela mengantre untuk berfoto dengan keluarga di depan pohon unik ini. Mereka, mengabadikan momen yang hanya terjadi satu tahun sekali ini.

Dari sembilan pohon Natal, enam di antaranya memiliki tinggi dua meter dan masing-masing diletakkan di depan pintu masuk gereja. Satu pohon Natal dengan tinggi lima meter diletakkan di atas altar gereja, serta lima meter pohon Natal diletakkan di luar pintu barat gereja. Selain itu, pohon dengan tinggi satu meter juga  dipajang di ruang sekretariat gereja.

Proses pengerjaannya pun terbilang sulit. Botol plastik ini awalnya dikumpulkan oleh umat, dibersihkan dengan air, kemudian dipotong, dan dipanaskan untuk dibentuk sesuai keinginan.

"Ini kali pertama kami membuat pohon Natal dari bahan yang  daur ulang, jadi bicara soal kesulitan pasti ada. Misal ada beberapa pergeseran desain dan kekuatan (rangka) dalam pengerjaannya," jelas Toto sapaan akrab Timotius.

Tak hanya itu, pengumpulan botol ini selain dibantu oleh umat, mereka juga menjalin kerjasama dengan beberapa sport centre dalam mengumpulkan botol bekas.

Botol plastik yang datang dibersihkan menggunakan sabun, dijemur, baru mulai dibentuk. Pengerjaannya ada yang dipotong, dipanaskan. Kesulitannya paling karena ini aplikasi pertama, jadi masih banyak trial and erornya, misal ada beberapa pergeseran desain  dan kekuatan dalam pengerjaannya.

"Semua dikerjakan dalam waktu satu bulan dan dibantu oleh sekitar 20 orang." Tak hanya disulap menjadi pohon Natal, dekorasi lainnya juga berupa rumah unik, penghias gereja. (umi)

Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga
Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bersama capres-cawapres pemenang Pilpres 2024 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Jumat, 29 Maret 2024

Ungkapan Airlangga Hartarto Kalau Golkar Bangga Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, mengucapkan selamat, atas kemenangan yang diraih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, pada kontestasi Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024