Tuntut Naik Gaji, Pramugari Cathay Pacific Mogok Senyum

Pramugari maskapai Cathay Pacific
Sumber :
  • www.cathaypacific.com

VIVAnews - Serikat Pramugari Cathay Pacific (FAU) menyatakan akan melakukan mogok performa menyusul negosiasi kenaikan gaji yang tidak memenuhi harapan mereka. Dengan mogok ini, para pramugari akan mengurangi kualitas layanan, termasuk meniadakan senyum.

Diberitakan CNN, Selasa 11 Desember 2012, FAU mengatakan mogok performa ini akan menyebabkan penerbangan Cathay terlambat atau pelayanan memburuk. Kendati demikian, mereka mengatakan tidak akan melakukan mogok total selama masa liburan Natal.

Sekretaris Jenderal FAU, Tsang Kwok-fung, mengatakan walaupun mogok, para pramugari tetap akan mengedepankan keamanan penumpang, termasuk memenuhi standar keselamatan yang diatur oleh Departemen Penerbangan Sipil.

"Tugas dasar pramugari adalah memastikan keselamatan penerbangan dan membawa penumpang ke tempat tujuan dengan aman," kata Tsang.

Pramugari akan tetap menyajikan minuman dan snack, namun mereka tidak akan melayani permintaan kacang dan alkohol. Mereka juga akan berhenti senyum dan menyajikan pelayanan dengan muka masam.

Mogok ini dilakukan menyusul keputusan perusahaan yang menolak tuntutan mereka menaikkan gaji 5 persen untuk tahun depan, jumlah yang sama seperti tahun ini. Perusahaan pada 30 November lalu mengumumkan hanya mampu menaikkan gaji 2 persen untuk tahun depan.

Dalam pernyataannya, Cathay mengatakan bahwa kenaikan dua persen saja sudah membuat perusahaan merugi. "Kenaikan dua persen saja membuat keuntungan perusahaan berkurang lebih dari HK$900 juta dalam setengah tahun pertama tahun ini," ujar pernyataan Cathay yang bermarkas di Hong Kong.

Tsang membantahnya. Dia mengatakan, kenaikan dua persen pada 2013 tidak beralasan. Menurutnya, kenaikan sebesar itu hanya berlaku untuk situasi krisis, seperti saat penyebaran penyakit SARS dan krisis finansial global.

FAU beranggotakan 6.000 orang, sekitar dua pertiga dari kru kabin Cathay. Mogok terakhir FAU dilakukan selama 17 hari pada tahun 1993 saat liburan Tahun Baru China.

Akun TikTok Disita, Polisi Pastikan Galih Loss Belum Dapat Untung dari Kontennya
Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep usai acara pembekalan para anggota legislatif terpilih di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Jumat, 26 April 2024

PSI Buka Pendaftaran Bagi yang Ingin Maju Pilkada, Siapa Saja Bisa Ikut

Partai Solidaritas Indonesia (PSI), membuka pendaftaran untuk Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada serentak 2024. Pendaftaran dibuka 26 April 2024, sampai 1 Agustus 2024.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024