Protes Konstitusi, Demonstran Serbu Istana Mesir

Massa menyerbu istana presiden Mesir
Sumber :
  • REUTERS/Mohamed Abd El Ghany

VIVAnews - Ribuan demonstran menyerbu istana kepresidenan Mesir pada Selasa malam, 4 Desember 2012, hingga Rabu dini hari waktu setempat. Massa memprotes rancangan konstitusi yang dinilai akan menciptakan diktator baru di Mesir.

Diberitakan CNN, demonstran yang menyerbu istana di Kairo bentrok dengan ratusan aparat yang bersiaga. Gerombolan yang marah melempari istana dengan kursi dan batu. Ini adalah kali pertama dalam sejarah Mesir, istana menjadi sasaran serangan demonstran.

Serangan demonstran dibalas oleh tembakan gas air mata dan pukulan pentungan. Beberapa terlihat tidak mampu bernafas. Beberapa lainnya muntah-muntah akibat menghisap serangan gas.

Namun, aparat yang kalah jumlah berhasil dipukul mundur hingga ke belakang gerbang istana. Massa berhasil mengambil alih pos penjaga dan membuat panggung di atas sebuah truk yang terbalik di depan istana. Beberapa demonstran terlihat menari di atas mobil polisi. Tembok depan istana, begitu juga dengan kendaraan aparat, tidak luput dari coretan grafiti pendemo.

Barulah pada Rabu dini hari, situasi kembali tenang saat kedua kubu berhenti saling serang. Saat insiden itu terjadi, Presiden Mesir Mohamed Mursi tengah rapat di pinggiran kota Kairo.

Bentrokan juga terjadi di depan markas Partai Kebebasan dan Keadilan bentukan Ikhwanul Muslimin di Menia, sebelah selatan Kairo. Sedikitnya 19 orang terluka dalam insiden itu. Sebanyak 50 ambulans diturunkan ke sekeliling Kairo.

Mereka memprotes rancangan konstitusi baru bentukan pemerintahan Mursi. Konstitusi ini akan dipungut suara di parlemen pada 15 Desember mendatang. Beberapa klausul dalam konstitusi tersebut dikatakan akan semakin mematenkan kekuasaan Mursi di Mesir.

Mereka merasa bahwa konstitusi yang baru tidak memberikan perlindungan bagi kebebasan pers. Menanggapi hal ini, puluhan koran tidak terbit pada Selasa sebagai bentuk protes. Empat stasiun televisi tidak akan tayang Rabu ini untuk menunjukkan solidaritas. (kd)

Banjir Bandang Terjang Pemandian Teroh-teroh Langkat, 1 Tewas dan 6 Luka-luka
Pemain Bhayangkara FC rayakan gol Radja Nainggolan

Bhayangkara FC Resmi Terdegradasi ke Liga 2

Bhayangkara FC resmi menjadi tim kedua yang harus terdegradasi ke Liga 2 musim depan. The Guardian menyusul langkah Persikabo  1973 yang sudah degradasi terlebih dahulu.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024