DUNIA

Pesawat China Laris Manis di Pameran Penerbangan

Pesawat buatan Comac mampu menandingi Boeing dan Airbus.
Selasa, 20 November 2012
Oleh : Denny Armandhanu
Pesawat C919 buatan perusahaan China, Comac

VIVAnews - Pesawat pabrikan China siap menandingi pesawat yang sama di kelas Boeing dan Airbus. Ini terbukti dengan larisnya pesawat negeri Tiongkok dalam pameran penerbangan di Zhuhai, China, yang rampung Sabtu kemarin.

Diberitakan CNN, Senin 19 November 2012, pesawat yang banyak dilirik adalah tipe C919 yang diproduksi oleh perusahaan pembuat kapal Comac (Commercial Aircraft Corporation of China). Pesawat 168 kursi dan bertubuh ramping ini dibuat untuk menandingi Airbus A320 dan Boeing 737.

Menurut pernyataan resmi Comac, Perusahaan GE Capital Aviation Service telah memesan 10 pesawat C919. Sementara itu, dua maskapai China, Hebei Airlines dan Joy Air, telah memesan masing-masing 20 buah pesawat.

Pesanan yang diduga senilai beberapa miliar dolar ini adalah pesanan terbanyak dalam pameran yang digelar antara 13-18 November itu.

Eastern Air Lines, sebuah maspakai penerbangan kargo, adalah perusahaan AS pertama yang akan memakai pesawat Comac. Dalam pameran tersebut, perwakilan dari Eastern Airlines telah menandatangani MoU pembelian pesawat di masa yang akan datang.

Maskapai China seperti Air China, China Eastern dan China Southern, adalah pembeli terbesar pesawat Comac hingga saat ini. Dari ketiga maskapai ini, Comac berhasil menjual 380 pesawat.

Comac mengatakan siap memenuhi permintaan dunia akan pesawat penumpang berkualitas. Menurut prediksi Comac, dunia hingga tahun 2031 masih perlu 31.739 pesawat baru. Pasar terbesar diprediksi datang dari dalam negeri China, yaitu 4.273 pesawat hingga 2031.

Uji terbang C919 dijadwalkan dilakukan pada 2014, sementara pengiriman pesanan pertama akan mulai diterima pada tahun 2016.

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found