Ahmadinejad Enggan Komentari Kemenangan Obama

Mantan Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad.
Sumber :
  • REUTERS/Murdani Usman

VIVAnews - Presiden Republik Islam Iran, Mahmoud Ahmadinejad, enggan mengomentari kemenangan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, pada pemilu yang digelar Selasa lalu. Iran dan AS saat ini sedang bersitegang soal kepemilikan senjata nuklir dan isu keamanan di Timur Tengah.

Menurut dia, pemilu yang digelar AS baru-baru ini merupakan urusan negara lain yang tak berkaitan dengan Iran. Ahmadinejad mengaku tak mau mencampuri urusan negara lain.

"Sudah saya bilang beberapa kali bahwa kami tak ingin mencampuri urusan negara lain," kata Ahmadinejad yang dicecar pertanyaan seputar kemenangan Barack Obama saat memberi keterangan resmi di Ayodya Resort, Nusa Dua, Bali, Kamis 8 November 2012.

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

Tidak Penting

Kendati begitu, Ahmadinejad tetap menyoroti rendahnya perolehan suara dan keterlibatan rakyat Amerika Serikat pada hajatan demokrasi yang digelar tiap empat tahun sekali itu. Jumlah rakyat Amerika yang menggunakan hak pilihnya tidak lebih dari 50 persen.

Dari jumlah itu, sambung dia, jumlah suara itu masih terbagi lagi untuk Barack Obama dan Mitt Romney. Tetapi, katanya, siapa yang menang dan kalah pada pemilu AS itu bukan hal penting. "Penurunan partisipasi rakyat AS bukan indikator yang baik. Sistem itu tidak bergerak secara tepat," kata Ahmadinejad, yang tahun depan harus pensiun sebagai presiden setelah dua periode memerintah. 

Sebelumnya, Romney mengatakan bahwa pemilu AS adalah ajang pertempuran kaum kapitalis. Dia mengatakan, pemilu dijadikan alasan bagi para kandidat menghamburkan uang negara. Pemilu AS tahun ini disebut yang termahal sepanjang sejarah, dengan biaya lebih dari US$6 miliar. (ren)

Otto Hasibuan Sebut Gugatan Sengketa Pilpres Anies dan Ganjar Sebuah Kemunduran
Foto : Ketua DPRD Provinsi Jambi Bersama Wakil Beserta Gubernur Jambi

DPRD Jambi Gelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Gubernur Jambi 2023

DPRD Jambi melaksanakan rapat paripurna dengan agenda Penyampaian Nota Pengantar LKPJ Gubernur Jambi tahun anggaran 2023

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024