Badai Sandy Menerjang, 31 Tewas di AS dan Kanada

Topan Sandy Hantam Amerika
Sumber :
  • Reuters/Lucas Jackson

VIVAnews - Badai Sandy menghantam daratan Amerika Serikat dan Kanada, menjelang Selasa 30 Oktober 2012 waktu setempat. Dikutip dari laman CNN, badai Sandy memicu banjir, kebakaran, dan kehancuran lainnya. Sejauh ini, setidaknya 30 orang dilaporkan tewas di Amerika Serikat dan satu di Kanada. Daily Mail bahkan menyebut angka lebih besar: 48 tewas. 

Selain itu, jutaan orang harus hidup tanpa listrik dan banjir besar melanda perumahan dan sistem kereta bawah tanah New York. Sebanyak 6.400 warga New York mengungsi ke 74 pusat-pusat evakuasi.

Walikota New York Michael Bloomberg mengungkapkan 18 warganya meninggal akibat badai ini. Bloomberg sempat memantau kondisi kota New York untuk mengetahui daerah yang paling parah terkena dampak topan dahsyat ini. Dia menginstruksikan agar semua sekolah ditutup pada Rabu hari ini.

"Kami sudah merencanakan langkah-langkah perbaikan. Beberapa di antaranya sudah dimulai." kata Bloomberg. Tantangan terbesar pemerintah kota ke depan, menurut dia, adalah mengembalikan aliran listrik dan transportasi massal ke kondisi normal. "Upaya pemulihan adalah pekerjaan yang sangat besar."

Selasa sore waktu setempat, badai Sandy memaksa bandara menutup seluruh layanan untuk sementara waktu. Di O’Hare International Airport, Chicago, maskapai menutup 500 jalur penerbangan dari dan ke Pantai Timur AS. Sejumlah penerbangan lokal pun harus ditunda karena angin kencang.

Presiden AS Barack Obama menegaskan pemerintah federal wajib menyediakan sumber daya bagi setiap warga yang membutuhkan bantuan saat badai melanda. "Pesan saya kepada pemerintah federal: tidak ada birokrasi. Warga butuh bantuan secepat mungkin," kata Obama di markas Palang Merah di Washington, D.C..

Mudik Pakai Mobil Listrik, Perhatikan Suhu Cuaca dan Ban

Dia juga berpesan hal yang sama kepada para gubernur dan walikota yang wilayahnya luluh-lantak diterjang Sandy. "Para Gubernur dan Walikota, kami akan melakukan apa yang kami bisa untuk mendapatkan segala sumber daya dan kebutuhan kalian yang belum terpenuhi," dia menegaskan.

Obama juga memperingatkan bahwa badai masih bergerak ke utara, sehingga Amerika masih harus tetap waspada.

Gedung Putih mengatakan Presiden Obama akan melakukan perjalanan ke New Jersey, hari ini. Dia sana, bersama dengan Gubernur Christie dia akan meninjau kerusakan yang terjadi. Obama pun akan berdialog langsung dengan warga yang menjadi korban. (kd)

IPI Sebut Pemulung Ujung Tombak Pengumpulan Sampah tapi Banyak yang Tidak Mengapresiasi
Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, Persiapan Langkah Hukum Paslon AMIN

Cak Imin Dikabarkan Maju Pilgub Jatim, PKB Ingin Fokus di MK Dulu: Tidak Lama Hanya 14 Hari

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, dikabarkan bakal maju dalam Pilkada Serentak 2024. Ia dikabarkan akan maju pada Pilgub Jawa Timur.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024