Walikota Termuda Dunia Kritik Hubungan DPR dan Pemuda

Bashaer Othman, 16, walikota Allar di Tepi Barat, Palestina
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Bashaer Othman, gadis 16 tahun yang menjadi walikota selama dua bulan di kota Allar, Tepi Barat, Palestina, tengah berkunjung ke Indonesia. Dia menyambangi gedung Dewan Perwakilan Rakyat di Jakarta.

Berbicara hari ini di Universitas al-Azhar Jakarta, usai bertamu ke DPR, Othman mengaku kagum dengan potensi dan kesempatan para pemuda di Indonesia. Namun, dia terlihat kecewa saat menyadari para pemuda dan parlemen Indonesia tidak punya hubungan yang membangun.

"Ketika ke parlemen, saya melihat tidak adanya kerja sama yang konstruktif dan aktif antara parlemen dengan organisasi pemuda," kata Othman.

Othman terpilih dari ribuan pemuda untuk memangku jabatan walikota Allar selama dua bulan. Selain dia, 11 orang kawannya dalam organisasi pemuda juga duduk di dewan kota, membantu kerja Othman. Program ini, kata dia, dilakukan berkat desakan dari pemuda Tepi Barat yang meminta peran lebih bagi kemajuan Palestina.

Loyal Dukung Prabowo, Maruarar Sirait: Kita Gak Ada Bicara jabatan Menteri

Beri Kesempatan

Tercatat 60 persen dari populasi Palestina adalah pemuda. Inilah yang menurut Othman harus diberdayakan dan diasah untuk menjadi pemimpin di masa depan.

Kata Pelatih Guiena Jelang Hadapi Timnas Indonesia U-23 di Play Off Olimpiade

"Program ini memberdayakan potensi pemuda dalam kepemimpinan, karena pemuda yang akan menerima tongkat kepemimpinan di negara kami," kata Othman yang ketika terpilih tengah menjabat sebagai ketua organisasi pemuda itu.

Inilah yang ingin didorong oleh Othman, memacu semangat kaum muda Indonesia untuk berkarya dan memberdayakan diri sendiri. "Pemuda Indonesia harus aktif menuntut, jangan menunggu kesempatan diberikan," kata dia.

"Saya sarankan kepada pemerintah Indonesia untuk membuka sebanyak mungkin kesempatan pelatihan kepemimpinan bagi pemuda, baik di parlemen maupun pemerintahan," lanjutnya lagi. (ren)

Nurul Ghufron saat diperiksa Dewas KPK

Nurul Ghufron Jelaskan Perkara yang Bikin Dia Disidang Masalah Etik Dewas KPK

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron akhirnya menjelaskan dugaan penyalahgunaan wewenang hingga menyebabkan dirinya bakal disidang pelanggaran etik oleh Dewas KPK.

img_title
VIVA.co.id
3 Mei 2024