Salat Ied, Presiden Suriah Akhirnya Muncul

Presiden Bashar Al Assad ikuti referendum Suriah
Sumber :
  • REUTERS/SANA

VIVAnews – Presiden Suriah Bashar al-Assad muncul di muka publik untuk pertama kalinya sejak serangan bom Juli 2012 di Gedung Keamanan Nasional Suriah yang menewaskan dua menteri Suriah.

Televisi pemerintah Suriah memperlihatkan, Assad tampil secara terbuka tak lain untuk menghadiri salat Ied di sebuah Masjid di Damaskus, Minggu waktu setempat. Mengenakan jas dan dasi, Assad masuk ke masjid sambil tersenyum. Ia pun disambut oleh anggota senior Partai Baath.

Reuters, 19 Agustus 2012, melaporkan Assad terlihat bersama Perdana Menteri Wael al-Halki dan Menteri Luar Negeri Walid al-Moualem, tapi tidak dengan Wakil Presiden Farouq al-Shara yang pengunduran dirinya dilaporkan ditolak sehari sebelumnya.

Usai salat, Assad tampak duduk bersila di masjid Perumahan Muhajirin Damaskus itu untuk mendengarkan khotbah di mana di dalamnya Suriah digambarkan sebagai korban terorisme dan konspirasi Amerika Serikat, Israel, negara-negara Barat dan Arab yang mendukung kelompok pemberontak.

Sang pengkhotbah, Sheikh Mohammad Kheir Ghantous, mengatakan plot konspirasi tersebut tidak akan “mengalahkan kami, Islam, ideologi, dan tekad kami.” Assad yang mengenakan jas dan dasi pun tersenyum.

Di pihak lain, hari pertama Idul Fitri itu juga dimanfaatkan oleh rival politik Assad untuk melakukan konvoi dan demonstrasi di sejumlah titik di Suriah, termasuk Ibukota Damaskus. Kelompok aktivis melaporkan bahwa pertempuran yang berkobar di sejumlah tempat di Suriah sampai sejauh ini telah menewaskan lebih dari 100 orang.

Assad pun harus memerangi pemberontakan terhadap 42 tahun kekuasaan keluarganya yang telah berlangsung selama 17 bulan itu. Assad sampai meletakkan jabatannya sebagai perdana menteri Suriah karena terguncang oleh serangan bom 18 Juli di Damaskus.

Perang saudara di Suriah meningkat sejak pemboman yang menewaskan sejumlah anggota lingkaran dalam Assad, termasuk Menteri Pertahanan Suriah dan saudara iparnya.

Heboh Aksi Pedagang Buang Puluhan Ton Buah Pepaya, Ternyata Ini Penyebabnya
Pintu rumah dengan warna merah terang

Bosan Pintu Cokelat? Coba 4 Warna Cerah Ini Biar Rumah Makin Aesthetic

Warna pintu rumah adalah hal yang akan dilihat pertama kali oleh orang yang berkunjung. Oleh karenanya, pintu rumah harus memberikan kesan yang baik dan eye-catching.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024