AS Ikut Kembangkan Infrastruktur Indonesia

Dubes AS, Scot Marciel
Sumber :
  • allvoices.com

VIVAnews - Amerika Serikat dan Indonesia sepakat untuk mendukung kerja sama bilateral dalam proyek pembangunan infrastruktur. Amerika Serikat berkomitmen untuk membantu proyek pembangunan infrastruktur di sektor-sektor yang menjadi prioritas.

Nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) antara Amerika Serikat dan Indonesia ditandatangani oleh Asisten Menteri Luar Negeri AS Bidang Ekonomi dan Bisnis, José Fernandez yang sedang berkunjung ke Indonesia dan Direktur Jenderal Kerja Sama Internasional Kementerian Perindustrian, Agus Tjahajana, pada Rabu, 8 Agustus 2012.

Duta Besar AS, Scot Marciel, menjelaskan, MoU ini akan membuka peluang yang lebih besar bagi kalangan pebisnis Amerika dan Indonesia untuk bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia dalam proyek pembangunan infrastruktur. Terutama di sektor-sektor yang menjadi prioritas seperti zona industri, energi dan listrik, transportasi, air bersih, dan pengembangan industri ramah lingkungan di koridor utama di bawah Rencana Induk Indonesia seperti Sumatera, Kalimantan Timur, dan Jawa Timur.

“MoU ini adalah sebuah contoh lagi bagaimana kemitraan komprehensif antara kedua negara akan memberi manfaat bagi masyarakat Amerika dan Indonesia," kata Marciel dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews, Kamis, 9 Agustus 2012.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

"Hal ini akan membuka peluang lebih bagi kerja sama untuk membantu Indonesia memenuhi kebutuhan infrastruktur dan pada saat yang sama membantu mengembangkan perekonomian serta menciptakan lapangan pekerjaan," ujarnya.
 
Ia mencontohkan kerja sama lebih besar dalam proyek pembangunan infrastruktur adalah kesepakatan baru-baru ini yang dicapai antara perusahaan Amerika, Celanese Corporation dan PT Pertamina untuk mengembangkan proyek bahan bakar etanol sintetis, sebuah potensi investasi senilai US$2 miliar oleh Celanese Corporation. Perwakilan dari Celanese Corporation turut hadir dalam penandatanganan MoU itu. (art)

Anak selebgram Aghnia Punjabi dianiaya

Anak Selebgram Aghnia Punjabi Diduga Dianiaya Pengasuh, Badan Diduduki hingga Kepala Dibanting

Anak selebgram Aghnia Punjabi diduga dianiaya pengasuh. Wajah anaknya babak belur. Mata kiri lebam, bekas luka di daun telinga, dan bibir juga terluka.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024