9-8-1945: Bom Atom Hancurkan Nagasaki

Ledakan bom atom di Hiroshima (kiri) dan Nagasaki 1945
Sumber :
  • Wikimedia Commons / Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 Unported

VIVAnews - Pada 67 tahun lalu, Amerika Serikat kembali menjatuhkan bom atom di wilayah Jepang, kali ini di Kota Nagasaki. Bom pemusnah massal itu dijatuhkan selang tiga hari setelah AS menghancurkan Hiroshima dengan senjata yang sama.

Menurut stasiun berita BBC, bom yang dijatuhkan oleh pesawat B29 Superfortress meledak pada pukul 11.02 waktu setempat. Bom itu meledak di ketinggian 500 meter dari permukaan tanah dan, seperti di Hiroshima, memusnahkan hampir seluruh Nagasaki, kota yang terletak di Pulau Kyushu, Jepang bagian barat.

Serangan itu diumumkan oleh Jenderal Carl Spaatz, Panglima Strategis Angkatan Udara AS di Pasifik. "Penggunaan bom atom untuk kali kedua terjadi siang hari pada 9 Agustus 1945 di Nagasaki," kata Spaatz.

Menurut penerbang AS yang berada cukup jauh dari Nagasaki, asap kebakaran akibat ledakan bom atom membumbung ke langit hingga di ketinggian 15.240 meter. Nagasaki dipilih menjadi sasaran karena dipandang sebagai kota pelabuhan yang strategis bagi akses ke dan dari Shanghai, China.

Sebanyak hampir 74.000 warga Nagasaki tewas seketika dan puluhan ribu lain luka-luka. Berjuluk "Fat Man," bom atom seberat 4.050 kg itu berdaya ledak 22 kiloton TNT.

AS kembali menghantam Jepang dengan bom atom di Nagasaki lantaran Kaisar Hirohito saat itu belum juga memerintahkan militernya agar menyerah tanpa syarat. Itulah sebabnya, setelah tragedi di Hiroshima dan Nagasaki, pesawat-pesawat AS menjatuhkan jutaan selebaran dalam bahasa Jepang. Isinya, ancaman akan ada bom atom lagi bila Jepang belum juga menyerah.

Dua kali dijatuhi bom atom dan setelah muncul pernyataan perang dari Uni Soviet, Kekaisaran Jepang pada 15 Agustus 1945 akhirnya menyerah tanpa syarat kepada pasukan Sekutu pimpinan AS. Perang Dunia Kedua pun berakhir.

Bakal Ada Adegan Ranjang Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won di Queen of Tears?
Masyarakat gunakan kereta api saat mudik Lebaran 2024 (dok: KAI)

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Masyarakat baru saja merayakan Puasa Ramadan dan Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2024, pada momen itu mayoritas masyarakat menjalankan tradisi mudik ke kampung halaman. Dari

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024